Bahaya Motor yang Jarang Ganti Oli

Ilustrasi knalpot motor
Sumber :

VIVA.co.id – Acap kali ditemui kasus motor berasap putih yang keluar dari lubang pembuangan gas alias knalpot. Tentu banyak yang tak paham, apakah kondisi tersebut berbahaya, dan apa artinya?

Cek 7 Komponen Ini Setelah Mobil Dipaksa Kerja Keras saat Mudik Lebaran

Menurut Penggawa Aneka Mitra Bengkel yang terletak di Jakarta Barat, Acin, jika kasus tersebut berlaku untuk motor dua-tak, tentu tak masalah. Yang jadi masalah jika asap keluar dari motor empat-tak. "Jika mengeluarkan asap artinya mesinnya sedang bermasalah," kata dia saat berbincang dengan VIVA.co.id, Selasa, 17 Mei 2016.

Acin mengungkapkan, kemungkinan terbesar masalah yang terjadi adalah oli yang masuk ke dalam ruang pembakaran. Hal tersebut dapat terjadi apabila pemilik kendaraan malas melakukan servis dan ganti oli secara rutin.

Waspada, Ini Tanda-tanda Ban Mobil Mau Pecah!

"Bisa juga ring piston motornya lemah. Biasanya ring piston yang sudah tua tidak presisi lagi dengan komponen liner atau komponen utama pada mesin sehingga bisa memacu pelumas masuk ke pembakaran," kata dia.

Selain itu, bisa juga terjadi karena seal klep bocor karena sudah tidak elastis lagi. Hal ini lah yang terkadang tak dianggap penting oleh pemilik kendaraan, di mana mengganti seal secara berkala merupakan rutinitas yang perlu dilakukan.

Bahaya Microsleep yang Menghantui Para Pengendara dan Penyebab Kecelakaan, Ini Gejalanya

"Satu penyebab lainnya, dinding liner yang tergores. Artinya, oli jadi dapat masuk dari celah-celah dinding liner yang tergores, gesekan itu menimbulkan asap," kata dia.

Jika sudah begitu, performa motor tentu tak utuh. Jika tak cepat ditangani, bukan tidak mungkin masalah akan menjadi besar. Apabila terlambat untuk ditangani, kata dia, tentu harus merogoh dana yang jauh lebih besar dari sekadar perawatan rutin.

Kotak P3K di mobil

Kotak di Mobil Ini Sering Dianggap Remeh, padahal Fungsinya Penting

Dengan memperhatikan hal tersebut, Anda dapat membantu diri sendiri dan orang lain dalam situasi darurat.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024