Yamaha Gantung Nasib Motor Xeon

Yamaha Xeon RC
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Mahaputra

VIVA.co.id – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) selaku agen tunggal pemegang merek Yamaha di Tanah Air, rencananya akan menyuntik mati salah satu produk skuter matiknya, Xeon. Ini, karena Yamaha sudah mengandalkan produk skutik lainnya yang baru diluncurkan belum lama ini, Aerox 125LC.

Yamaha Tricity 155cc Resmi Meluncur, Ini Harganya

Di pasaran, produk Xeon memang sudah terbilang langka. Beberapa waktu lalu VIVA.co.id sempat mengecek ke sejumlah diler di Jakarta. Hasilnya sama, Xeon langka dan meski dijual harus inden lama.

Menurut Assistant General Manager Marketing PT YIMM, Mohammad Masykur, langkah suntik mati, alias setop produksi saat ini tidak ada. Pernyataan itu tentu berbeda saat ditemui di Cirebon, Jawa Barat, beberapa waktu lalu, di mana Yamaha menyebutkan akan menyetop produksi Xeon.

Ini Perkiraan Banderol Dua Motor Baru Yamaha

"Secara planning enggak ada, biarkan masalah tersebut selesai dengan sendirinya," katanya, saat ditemui di Hotel Redtop, Jakarta Pusat, Selasa malam, 17 Mei 2016.

Pria berjenggot lebat itu mengatakan, pabrikan berlogo Garpu Tala tersebut hingga kini masih menunggu reaksi, serta antusiasme masyarakat terhadap produk skuter matik dengan kapasitas mesin 125cc itu.

Jualan Motor Sport 150cc, Honda atau Yamaha yang Laris?

"Kita masih dalam proses. Jadikan sekelas itu ada tiga, Xeon RC, Yamaha GT 125 Eagle Eye, sama Aerox 125 LC. Dari tiga model ini, kembali ke konsumennya. Konsumen antusiasnya ke mana. Jadi, keputusannya tergantung konsumen saja," ucapnya menjelaskan.

Sebelumnya, saat melakukan blusukan ke diler-diler Yamaha, sejumlah tempat mengatakan kepada VIVA.co.id jika stok motor Xeon memang sudah jarang. Meski masih dijual, calon konsumen mesti rela inden dengan waktu yang lama. Setidaknya, hal itu berlaku pada sejumlah diler Yamaha di kawasan Jakarta yang disambangi.

"Yamaha Xeon sebenarnya masih ada, tetapi harus inden. Soalnya, barangnya langka. Selain itu, jumlahnya juga terbatas," kata seorang pegawai diler Yamaha di Pondok Kopi, Jakarta Timur.

Dia mengatakan, andai pun Xeon masih ada, itu merupakan barang sisa produksi lama yang belum laku terjual. "Iya, kan ada model terbaru, untuk Yamaha Xeon stok barang yang ada hanya barang sisaan saja," tambahnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya