Tips Mudah Bersihkan Karburator Tanpa ke Bengkel

Karburator.
Sumber :

VIVA.co.id – Karburator merupakan komponen penting pada kendaraan bermotor. Hal ini karena karburator merupakan tempat bercampurnya bahan bakar dengan udara, untuk kemudian disalurkan ke dalam ruang pembakaran atau silinder mesin.

Tips Mudah Usir Embun di Kaca Mobil, Cukup Pakai Sampo

Maka itu, kebersihan dan ketepatan penyetelan pada karburator sangat diperlukan, karena berpengaruh pada kinerja mesin.

Menurut Acin, penggawa Aneka Mitra Bengkel, di kawasan Jakarta Barat, itu sebabnya, perawatan berkala pada karburator sangat diperlukan. Kata dia, Anda tak perlu repot memikirkan perawatan komponen ini, karena perawatan karburator dapat dilakukan sendiri.

Kebiasaan Pemotor yang Bikin Sakit Leher dan Pundak

Acin mengatakan, saat hendak membersihkan karburator, pemilik kendaraan pertama harus melepaskan filter udara dari karburator. "Mudah membersihkan filter udara, caranya tinggal menggunakan cairan pembersih, setelah itu diamkan filter hingga kering," ungkapnya kepada VIVA.co.id, Rabu, 18 Mei 2016.

Setelah membersihkan filter, lepaskan baut pengikat karburator, lalu bersihkan dengan menggunakan kuas secara perlahan dan semprot dengan menggunakan udara bertekanan cukup tinggi.

Bahaya Motor Jika Sering Parkir Pakai Standar Samping

"Lalu, untuk membersihkan spuyer, gunakan ampelas halus secara hati-hati dan pelan-pelan. Sebelum memasang kembali karburator, perhatikan juga pelampung bensin. Karena, komponen itu harus terlebih dahulu diatur, paling sederhana diatur dengan menggunakan jangka. Setelah itu pasang kembali semua bagian karburator," katanya.

Yamaha Fino Injeksi

Benarkah Motor Injeksi Tak Perlu Lagi Dipanaskan?

Hal ini tentu masih jadi pertanyaan besar bagi para pemilik.

img_title
VIVA.co.id
14 Juni 2016