Menyusuri Pulau Dewata dengan All New Pajero Sport

Uji berkendara All New Pajero Sport di Bali.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – 2016, dianggap menjadi tahun kejayaan mobil jenis sport utility vehicle (SUV). Penyebabnya adalah mulai bosannya konsumen dengan mobil jenis multi purpose vehicle (MPV).

Begini Rasanya Cornering Pakai Ban Harian 'Rasa' Balap

Hal ini dimanfaatkan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) untuk meluncukan All New Pajero Sport di pasar otomotif nasional.

Hadir dengan bodi cukup bongsor, SUV yang satu ini kerap dibayangkan sebagai mobil yang lahir untuk medan ekstrem. Hanya saja, seiring masukan para pencinta mobil, desain Pajero Sport anyar ini cenderung modis, namun tetap gagah.

Test Drive BMW X4 di Thailand, Seru Banget

Memiliki bodi dengan banyak garis, membuat All New Pajero Sport terlihat lebih ‘berotot’. Selain itu, penggunaan aksen krom pada bagian grille depan membuat tampilannya menjadi lebih mewah.

Mengadopsi lampu depan LED dengan DRL (Daytime Running Light), SUV ini memang terlihat elegan layaknya mobil Eropa. Padahal, Pajero Sport buatan Thailand, dan rencananya tahun depan akan dirakit di Indonesia.

Membuktikan Fitur Keselamatan ESP

Sayangnya, mobil ini sempat menuai kritik dari beberapa orang, yakni berkaitan dengan desain lampu belakangnya. Masyarakat Indonesia rupanya belum bisa menerima desain yang berbeda.

Padahal, saat malam hari, identitas Pajero Sport akan paling mudah dikenal melalui lampu belakangnya.

Dengan menggunakan lampu LED memanjang ke bawah, lampu mobil ini dipercaya memberikan cahaya yang sangat jelas bagi pengendara kendaraan yang ada di belakang.

Selanjutnya...uji berkendara

Akhir pekan lalu, KTB mengajak sejumlah awak media, termasuk VIVA.co.id, untuk uji berkendara All New Pajero Sport, di Pulau Dewata, Bali.

Perjalanan dimulai dari bandara Ngurah Rai menuju kawasan Utara Bali, Buleleng, serta Taman Nasional Bali Barat.

Dengan menggunakan tipe Dakar 4x2 transmisi matik, anggapan mobil bongsor yang tak nyaman saat kelokan bisa dibantah. Di jalur tanjakan, turunan, dan kelokan, baik penumpang maupun pengemudi tetap merasa nyaman.

Bagi pengendara, handling saat melakukan manuver di berbagai tingkungan terbilang nyaman. Bahkan, kala melaju di jalur lurus seperti di tol, mobil tetap seimbang dan tidak terasa oleng.

Secara teknis, All New Pajero Sport memang telah dilengkapi suspesi depan double wishbone dengan coil spring dan suspensi belakang 3-link type rigid axle, serta coil spring.

Baik pengemudi maupun penumpang dapat duduk nyaman di kursi berbalut material kulit. Adanya sunroof bisa dimanfaatkan oleh mereka yang ingin menikmati udara dan memandangi langit biru pulau Dewata.

Mesin All New Pajero Sport Dakar 4x2 berkapasitas 2.400cc turboharger, yang sanggup memuntahkan tenaga hingga 178 daya kuda dan torsi 430 Newton meter.

Dengan tenaga sebesar itu, jalanan aspal dapat dilalui dengan kecepatan tinggi dalam waktu singkat. Besarnya torsi juga bisa dimanfaatkan, jika hendak menyusuri jalur berbatu maupun lumpur. Torsi sebesar itu dapat diraih dengan putaran mesin hanya 2.500 rotations per minute (RPM).

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya