Trik Darurat Jika Kabel Kopling Mobil Sekarat

Ilustrasi pedal mobil.
Sumber :
  • www.toyota.astra.co.id

VIVA.co.id – Masih banyak pengendara yang bingung, ketika kabel kopling tiba-tiba putus di tengah jalan. Dalam situasi seperti itu, memang sangat merepotkan pengendara. Bukan apa-apa, peran kabel kopling sangat penting dalam menghubungkan mau pun melepas putaran mesin dan persneling.

Murahnya Biaya Pantek Kopling Mobil

Ketika kabel kopling putus, otomatis sistem penggerak tidak dapat berfungsi normal. Perpindahan gigi pun terhambat.

Karena, selalu dalam posisi tertarik dari dua ujung yang berlawanan, yakni pedal kopling dan garpu pembebas, kabel kopling memang sangat mungkin putus. Apalagi, bila usia komponen ini sudah relatif tua. Kabel kopling dapat juga putus bila kurang pelumasan.

Setel Kopling Mobil Ternyata Tak Sulit, Ini Caranya

Itu sebabnya dalam banyak tips biasanya pengendara disarankan untuk melengkapi kendaraan dengan kabel kopling cadangan. Jika sewaktu-waktu putus di tengah jalan, dapat segera dilakukan penggantian.

Tetapi, seandainya pun terlupa dan terjadi kasus yang kurang menguntungkan seperti ini, Anda tidak perlu panik. Berikut ini, cara darurat yang dapat kita lakukan, saat kabel kopling sekarat, seperti dilansir AstraWorld, Jumat, 20 Mei 2016:

Cara Mudah Ketahui Kampas Kopling Mulai Tipis

1. Matikan mesin, sehingga penggerak tidak berputar.

2. Masukkan perseneling ke gigi percepatan 2, kemudian hidupkan mesin. Kenapa gigi 2, karena kalau gigi 1, kecepatannya akan tidak stabil atau `ajrut-ajrutan`.

3. Jalankan kendaraan selama perjalanan dengan gigi perseneling 2 tersebut.

4. Jalankan kendaraan pada jalur lambat dan hindari jalur dengan kendaraan sering berhenti atau macet.

5. Jaga jarak aman sekira 40-100 meter dari kendaraan di depan Anda.

6. Ingat, cara ini hanya untuk kondisi darurat. Hanya bisa menjadi alternatif bila jalanan relatif lengang. Segera ganti bila telah menemukan bengkel, atau tempat yang memungkinkan penggantian kabel kopling. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya