Perbedaan Mesin Sienta dan Avanza

Perkenalan Toyota Sienta di Semarang.
Sumber :
  • Foto: Dwi Royanto/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Baru-baru ini, Toyota meluncurkan produk baru di Tanah Air, Sienta. Mobil keluarga ini disebut mengusung konsep berbeda, yakni Multi Activity Vehicle (MAV).

Toyota Sienta Baru Segera Hadir, Lebih Mewah dan Keren

Pertanyaan pun muncul, karena mengusung mesin berkapasitas 1.5 liter, dianggap sama dengan mesin yang digunakan Avanza. Benarkah sama?

Seperti dilansir AstraWorld, Jumat 20 Mei 2016, keduanya memang sama-sama menggunakan mesin 1.5 – liter, namun meski begitu keduanya memiliki beberapa perbedaan. Sienta saat ini, memang berada satu kelas dengan Grand New Avanza. Soal mesin, model mobil dari kelas yang sama ini memang tidak memiliki perbedaan yang cukup signifikan dari sisi kapasitas mesin, serta teknologi yang digunakan.

MPV Toyota Buatan Indonesia Ini Laris di Negara Tetangga

Perbedaannya, Sienta menggunakan mesin empat-silinder 1.497cc, DOHC, Dual VVT-i berkode 2NR-FE, sedangkan Grand New Avanza memakai mesin empat-silinder, 1.496cc, DOHC, Dual VVT-i dengan kode 2NR-VE.
 
Kedua mesin ini memang memiliki kemiripan, namun tetap tidak sama, karena masing-masing memiliki keunggulan. Sienta, menggunakan 2NR-FE dengan spesifikasi “F” yang berarti penggunaan dua camshaft, atau DOHC (Dual Overhead Camshaft), serta ode “E” berarti Electronic Fuel Injection (EFI).

Mesin berkapasitas 1.497cc tersebut mampu memacu mobil hingga 105 horse power dengan torsi 140 Newton meter yang dilengkapi pilihan transmisi otomatis CVT dan manual enam-percepatan.

Harga Bekas MPV Nyaman, dan Video yang Bikin Warganet Bahagia

Sementara itu, untuk Grand New Avanza, mobil ini menggunakan mesin dengan kode 2NR-VE yang menggantikan mesin Toyota Avanza lama. Kedua mesin ini memiliki blok yang sama, namun dengan komposisi komponen yang berbeda. Hal ini pun bisa dilihat dari posisi saringan oli, alternator, dan koil.

Tak hanya itu saja, mesin Sienta menghadap ke depan, karena memiliki pergerakan roda depan, sebaliknya Avanza menghadap ke belakang karena yang digerakkan mesin adalah roda belakang. Hal inilah yang membuat perbedaan signifikan pada mesin yang diusung Toyota Sienta dan Toyota Grand New Avanza. (asp)

Toyota Sienta baru

Setelah Voxy, Toyota Sienta Baru Siap Mengaspal Agustus 2022?

Toyota gencar meluncurkan MPV terbaru untuk pasar global, setelah All New Voxy, kabarnya Toyota Sienta terbaru akan dihadirkan dengan perubahan total.

img_title
VIVA.co.id
17 Februari 2022