Trik Daihatsu Agar Selalu Ada di Atas Honda

Mobil-mobil Daihatsu.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Tradisi Daihatsu sebagai merek kendaraan roda empat terlaris kedua di Indonesia setelah Toyota sempat direcoki Honda. Tiga bulan pertama di 2016, Daihatsu harus rela berada di bawah Honda.

Para Pemilik Daihatsu Rocky, Gran Max dan Luxio Perlu Baca Ini

Namun pada penjualan April 2016, Daihatsu kembali mengambil posisi kedua. Menurut data dari Gaikindo, di bulan keempat tahun ini, Daihatsu berhasil melakukan penjualan sebanyak 14.402 unit. Sedangkan Honda harus rela berada di posisi tiga dengan penjualan sebanyak 14.384 unit.

Memang terbilang sangat tipis. Namun melihat sepak terjang Honda dan Daihatsu di awal tahun ini tentu pencapaian ini sangat mengejutkan.

Mobil yang Diproduksi di Indonesia Ternyata Laku di 75 Negara

Bagaimana tidak, saat Honda gencar menghadirkan mobil-mobil baru termasuk BR-V, Daihatsu justru lebih banyak 'tiarap'. Tak ada model baru yang dihadirkan PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Lalu, apa yang membuat Daihatsu kembali menjadi yang terlaris kedua setelah Toyota? Menurut Direktur Marketing Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra, hal itu memang dikarenakan penjualan Daihatsu selalu stabil.

49 Persen Mobil yang Diekspor RI Berasal dari Pabrik Ini

"Kenapa penjualan Honda turun, lebih baik tanyakan ke mereka karena saya tidak berhak komentar. Yang jelas, penjualan Daihatsu memang selalu stabil," kata Amelia saat ditemui di sela-sela acara Terios 7 Wonders di Maumere, Flores, Jumat malam.

Dalam kesempatan itu, wanita yang akrab disapa Amel ini juga mengatakan, penjualan Xenia kini telah kembali ke posisi yang 'sebenar'nya. Xenia saat ini berada di posisi dua di bawah saudara kembarnya Toyota Avanza untuk penjualan mobil low MPV.

"Ya, kita memang belum meluncurkan produk baru tapi sekarang Xenia nomor dua lagi lho," kata Amel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya