Jangan Tertipu, Ini Tanda-tanda Oli Kendaraan Palsu

Sumber :
  • http://sidomi.com

VIVA.co.id – Tingginya permintaan konsumen terhadap produk pelumas membuat segelintir oknum memanfaatkan kesempatan dengan memproduksi pelumas palsu. Tentu saja pelumas palsu bakal membuat konsumen merugi, karena akan merusak kendaraan yang digunakan.

Tips Mudah Usir Embun di Kaca Mobil, Cukup Pakai Sampo

Untuk itu, agar terhindar dari produk pelumas palsu, Anda perlu tahu dan mengenal produknya seperti apa. Dilansir AstraWorld, Senin, 23 Mei 2016, ketika Anda membeli pelumas, perhatikan kemasannya.

Jangan membeli di sembarang toko, lebih baik cari toko yang terpercaya. Kemasan pelumas asli biasanya mempunyai tanda-tanda tersendiri, seperti produk pelumas Pertamina kemasan baru memiliki nomor batch pada tutup kemasaannya yang dicetak dengan laser. Kemudian teliti, apakah pada kemasan pelumas tersebut ada tanda-tanda cacat seperti bekas tusukan jarum atau benda tajam. Intinya, apabila kemasan itu mencurigakan, lebih baik urungkan untuk membelinya.

Kebiasaan Pemotor yang Bikin Sakit Leher dan Pundak

Oli palsu juga biasanya berbau dan keruh, berbeda dengan oli asli yang berwarna jernih dan harum.

Lalu, apabila sudah terlanjur memakainya, Anda dapat mendeteksi palsu atau tidaknya pelumas itu. Tanda-tandanya, kalau pelumas sudah dipakai dengan jarak antara 1.500-2.000 kilometer, akan terlihat berwarna hitam pekat dan kotor akibat terjadi oksidasi secara hebat.

Bahaya Motor Jika Sering Parkir Pakai Standar Samping

Kemudian, mesin akan cepat mengalami aus sehingga umur mesin lebih pendek, kotor, banyak lumpur dan dapat menyumbat aliran pelumas. Tentu, kondisi ini akan membuat biaya perawatan jadi meningkat.

(mus)

Yamaha Fino Injeksi

Benarkah Motor Injeksi Tak Perlu Lagi Dipanaskan?

Hal ini tentu masih jadi pertanyaan besar bagi para pemilik.

img_title
VIVA.co.id
14 Juni 2016