Kenali Penyebab Mobil Menjadi Boros BBM

Membersihkan filter udara.
Sumber :
  • http://penghematbbm.org

VIVA.co.id – Tak dapat dipungkiri jika konsumsi bahan bakar minyak (bbm) sebuah kendaraan juga dipengaruhi faktor usia. Semakin berumur sebuah kendaraan tentu akan semakin boros. Namun selain hal itu, ada beberapa faktor yang juga mempengaruhi tingkat konsumsi bahan bakar kendaraan.

Kotak di Mobil Ini Sering Dianggap Remeh, padahal Fungsinya Penting

Rupanya, kondisi kendaraan juga dapat mempengaruhi tingkat konsumsi bahan bakar. Nah, dalam kesempatan ini, VIVA.co.id berhasil menyusun dari berbagai sumber mengenai beberapa bagian mobil yang dapat mempengaruhi tingkat konsumsi bahan bakar.

Kotornya filter udara
FIlter udara yang kotor dapat menurunkan performa mobil Anda. Sebab, filter udara yang kotor tentu akan menyebabkan terjadinya hambatan aliran udara. Hal ini dapat menurunkan performa mobil Anda terutama di bagian pacu dan menimbulkan gejala ngelitik atau knocking.

Cek 7 Komponen Ini Setelah Mobil Dipaksa Kerja Keras saat Mudik Lebaran

Ada kerak di ruang mesin
Kerak di ruang mesin bisa membuat tenaga mesin yang dihasilkan akan semakin berkurang. Selain kebersihan filter udara, Anda juga harus mengecek kerak di ruang mesin yang sulit sekali untuk dihindari. Adanya kerak dapat membuat volume ruang bahan bakar menjadi lebih kecil sehingga tenaga mesin yang dihasilkan akan semakin berkurang.

Tersumbatnya lubang nozzle Injektor
Lubang nozzle injektor yang tersumbat bisa mengurangi efisiensi bahan bakar. Lubang nozzle injektor yang ada saat ini dibuat sangat kecil sehingga mudah tersumbat dan membuat pembakaran bensin jadi tak sempurna serta mengurangi efisiensi bensin mobil Anda.

Ausnya piston dan ring piston
Ausnya piston dan ring piston juga bisa menurunkan performa mesin. Bila piston dan ring piston terkikis, maka kompresi kendaraan berkurang. Itu berdampak langsung pada performa mesin yang akan menurun dan tarikan tenaga yang dihasilkan menjadi loyo. Ujungnya bahan bakar menjadi boros.

Waspada, Ini Tanda-tanda Ban Mobil Mau Pecah!
Petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta menderek mobil yang parkir sembarangan di Jalan Raya Mangga Besar, Jakarta

Belajar dari Wanita Ngamuk ke Dishub karena Digembok Mobilnya, Pahami Aturan Parkir di Jalan

Pinggir jalan atau bahu jalan sebenarnya tidak boleh digunakan sebagai tempat parkir karena dapat mengganggu mobilitas pengguna jalan lainnya. Pahami aturan soal parkir.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024