Cara Menangani Ban Kempis Saat Melaju di Jalan Tol

ban kempis.
Sumber :
  • Shanghaiist

VIVA.co.id – Melaju kencang di jalan bebas hambatan banyak dilakukan para pemilik mobil. Selain bisa tiba di tujuan dengan lebih cepat, adrenalin pengemudi juga akan sedikit terpacu.

Mobil Sering Kempis, Jangan Cuma Mengecek Ban

Namun, mereka terkadang lupa memeriksa kondisi ban sebelum berkendara. Alhasil, terjadi kecelakaan yang diakibatkan kempis atau pecahnya ban.

Ban yang kempis secara tiba-tiba memang bisa berbahaya. Baik bagi pengemudi mobil yang bersangkutan maupun pengguna jalan lainnya.

Benarkah Motor Injeksi Tak Perlu Lagi Dipanaskan?

Bila hal ini terjadi saat mobil melaju pelan, maka pengemudi akan mudah mengatur arah mobil. Namun, bagaimana cara mengatasi ban pecah atau kempis saat melaju dengan kecepatan sedang?

Dilansir dari Toyota Astra, Senin 23 Mei 2016, ada beberapa hal yang harus dilakukan pengemudi, saat salah satu ban mobilnya kempis mendadak ketika tengah melaju di jalan bebas hambatan.

Tips Mudah Usir Embun di Kaca Mobil, Cukup Pakai Sampo

Yang pertama adalah jangan panik. Biasanya, pengemudi yang panik tidak akan bisa mengidentifikasi masalah, dan justru membuat situasi semakin kacau.

Segera nyalakan lampu hazard sembari mengarahkan mobil pelan-pelan ke bahu jalan. Jangan lupa untuk memantau kaca spion, agar mengetahui kosong tidaknya lajur yang ada di sebelah kiri.

Trik aman untuk mengendarai mobil dengan kondisi ban kempis adalah dengan membiarkan kendaraan terus melaju tanpa menginjak pedal gas, sampai akhirnya kendaraan berhenti.

Perhatikan juga ban bagian mana yang kempis. Jika ban depan, maka Anda perlu melakukan counter steering. Contohnya, ban Anda pecah bagian kiri. Maka, setir akan berat ke kiri.

Jadi, yang harus Anda lakukan adalah arahkan kemudi ke kanan, hingga arah mobil tetap stabil. Begitu pula sebaliknya.

Terakhir, jangan rem mobil secara mendadak. Mengerem mobil secara mendadak akan membuat titik keseimbangan mobil pindah. Akibatnya, mobil menjadi tidak stabil dan dapat terguling.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya