Bau Asap Muncul di Dalam Kabin Mobil, Apa Penyebabnya?

Ilustrasi
Sumber :
  • Toyota

VIVA.co.id – Mesin mobil merupakan komponen yang harus dirawat secara berkala. Salah satu gejala yang muncul pada mesin yang tidak terawat adalah munculnya bau asap dari kompartemen mesin.

Knalpot Mobil Berasap saat Hidupkan Mesin, Belum Tentu Rusak

Menurut pemilik Bengkel Mobil Auto di bilangan Ceger, Jakarta Timur, Oong, penyebab munculnya bau asap dikarenakan mesin yang mengalami pembakaran kurang sempurna.

"Biasanya, pembakaran mesin mobil tidak sempurna dan pemilihan bahan bakar yang salah. Jadi, perbandingan udara dan bensinnya enggak pas. Walau kaca dibuka, kalau pembakarannya normal enggak bakal masuk ke dalam baunya," katanya saat ditemui VIVA.co.id, Senin 23 Mei 2016

Knalpot Motor Berasap Putih Cuma Tiap Pagi, Gejala Apa?

Selain itu, penyebab bau asap yang masuk ke dalam kabin mobil diakibatkan adanya kebocoran pada bagian sekat antara mesin dan ruang kabin.

"Ada kebocoran di bodi depan, tutup bodi depannya bocor, cover bodi bocor, knalpot bocor,” jelasnya.

Mendeteksi Kerusakan Mesin Mobil dari Asap Knalpot

Ia menyarankan agar pemilik kendaraan segera membawa mobil tersebut ke bengkel, untuk dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh.

"Harus dicek ke bengkel, apa pemakaian bahan bakarnya yang salah atau pengaturan mesinnya yang tidak pas. Kalau kesalahan bahan bakar, mungkin tidak perlu biaya, hanya tinggal mengganti bahan bakar yang lebih baik kualitasnya," ungkapnya.

Oong juga menambahkan, kebanyakan yang mengalami asap yang masuk ke kabin hanya mobil yang masih menggunakan sistem karburator.

“Kalau mobil Injeksi sudah jarang, sekarang kan sudah pakai komputer juga semuanya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya