Jadwal Peluncuran Toyota Calya, Penantang Datsun GO+

Logo Toyota.
Sumber :
  • REUTERS/Yuya Shino

VIVA.co.id – PT Toyota Astra Motor (TAM) tak lama lagi akan datang dengan produk barunya di Indonesia. Mobil itu hadir di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan kapasitas tujuh penumpang.

Harga Mobil Baru Toyota per Mei 2020, Calya Naik Rp1 Juta

Menurut seorang sumber Toyota yang dekat dengan permasalahan ini, mobil tersebut bernama Toyota Calya, dan akan meluncur dalam hitungan bulan ke depan. "Peluncuran 2 Agustus 2016 jelang GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show)," kata dia saat berbincang dengan VIVA.co.id, Selasa, 24 Mei 2016.

Dia menyebut, mobil ini masih berada di segmen Low Cost and Green Car (LCGC) inisiasi pemerintah. Kapasitas mesin yang diusungnya masih sesuai dengan anjuran pemerintah terkait LCGC yakni mesin 980cc sampai 1.200 cc.

Penjualan Mobil LCGC Terfavorit Ini Merosot

"Mesinnya 1.200cc, sama seperti Etios. Jadi nantinya mobil ini akan ada di bawah Avanza dan berada di atas Agya, masih LCGC," kata dia lagi.

Sementara mesin ini akan datang dengan transmisi manual dan pilihan otomatis. Dia mengatakan, Toyota memang melihat pasar MPV murah yang saat ini hanya dipegang Datsun melalui GO+ menjanjikan. Tak heran jika pabrikan asal Jepang itu kepincut bermain di sana, terlebih telah memiliki brand yang kuat melekat di masyarakat.

Calya Vs Avanza, Ini yang Dipilih Perusahaan Taksi

Tak cuma Toyota Calya, Daihatsu juga bakal melahirkan produk yang senada, karena satu proyek seperti Avanza-Xenia, serta Agya-Ayla. Namun, belum diketahui nama yang disiapkan oleh Daihatsu oleh MPV terbaru adik Xenia itu.

Sebenarnya, kabar mengenai kesiapan Toyota Indonesia menyiapkan mobil murah ramah lingkungan dengan kapasitas tujuh penumpang, telah terdengar sejak akhir tahun lalu. Saat ini Datsun telah lebih dahulu menghadirkan Datsun GO+. Mobil tersebut bahkan meluncur pertama, baru kemudian versi pendeknya (Datsun GO).

Pasar mobil LCGC memang masih menjadi salah satu fokus pabrikan otomotif di Tanah Air. Hal ini dikarenakan jenis mobil itu dianggap ideal untuk masyarakat Indonesia. Khususnya keluarga muda yang ingin memiliki mobil dengan harga murah dan mampu menampung banyak penumpang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya