Cara Mudah Kenali Gejala AC Mobil Bermasalah

AC mobil.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Pendingin ruangan (AC) pada mobil merupakan salah satu fitur penting bagi pengendara roda empat. Sebab, keberadaan AC akan membantu kenyamanan berkendara saat cuaca panas.

Kotak di Mobil Ini Sering Dianggap Remeh, padahal Fungsinya Penting

Maka itu, perawatan AC secara berkala sangat penting untuk dilakukan, agar AC mobil dapat selalu berada dalam kondisi prima. Sayangnya, banyak pemilik kendaraan yang mengabaikan perawatan AC. Alhasil, AC mobil mulai bermasalah, hingga kemudian menjadi rusak.

Sebelum AC mobil rusak semakin parah, sebaiknya Anda perlu mengenal beberapa gejala atau ciri-ciri AC mobil bermasalah. Menurut Ahmad Hidayat, pemilik bengkel Pondok Bambu AC, tanda-tanda AC mengalami rusak yaitu kompresor AC mengalami bunyi ketika dinyalakan.

Cek 7 Komponen Ini Setelah Mobil Dipaksa Kerja Keras saat Mudik Lebaran

"Itu biasanya kompresor olinya kurang, makanya bisa engga dingin AC-nya. Biasanya kayak Aavanza, dari angin atau blower kotor, terus freon juga hanya ada setengah bisa mengakibatkan AC tidak dingin," kata Ahmad Hidayat di Pondok Bambu, Jakarta Timur, Kamis 26 Mei 2016.

Penyebab AC kurang dingin tersebut juga dikarenakan Filter Oli kotor dan freon yang kurang akibat kebocoran pada selang AC.

Waspada, Ini Tanda-tanda Ban Mobil Mau Pecah!

"Selain itu kalo misalnya filter kotor, anginya kecil dan bisa tidak dingin. Terus kalo diganti filternya, pasti dingin lagi. Bisa juga kalo filter bersih, freonnya kurang. Biasanya kalo freon kurang ada kebocoran yg halus di selang selang AC, Selain itu manitlatnya mati, kebanyakan mobil sekarang manitlatnya mati."

Lebih lanjut, pria bertubuh subur ini menyarankan agar segera dibawa ke bengkel AC supaya tidak terjadi kerusakan yang lebih parah. "Dibawa aja ke bengkel AC, biar kita cek penyebabnya kenapa. Untuk mencegah kerusakan yang lebih parah lagi nantinya," katanya.

Petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta menderek mobil yang parkir sembarangan di Jalan Raya Mangga Besar, Jakarta

Belajar dari Wanita Ngamuk ke Dishub karena Digembok Mobilnya, Pahami Aturan Parkir di Jalan

Pinggir jalan atau bahu jalan sebenarnya tidak boleh digunakan sebagai tempat parkir karena dapat mengganggu mobilitas pengguna jalan lainnya. Pahami aturan soal parkir.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024