Cat Mobil Full Body Lebih Murah dari per Panel, Benarkah?

Ilustrasi mobil
Sumber :
  • viva.co.id/Yasin

VIVA.co.id – Mengecat mobil merupakan hal yang sering dilakukan pengendara mobil. Hal itu dilakukan saat mobil mengalami goresan-goresan saat digunakan dalam berbagai aktivitas. Tapi ada juga yang melakukan itu karena bosan dengan warna cat pada mobilnya.

Mobil Mitsubishi Lancer Pakai Kelir Hitam Paling Gelap di Dunia

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan dalam mengecat, bisa dengan mengecat secara full body atau pun mengecat beberapa titik saja. Namun, tahukah bahwa mengecat mobil secara panel atau per titik harganya lebih mahal daripada mengecat semua body mobil?

Hal ini disampaikan Agus, pemilik bengkel Jodi Motor di bilangan Duren Sawit, Jakarta timur. Ia menjelaskan bahwa harga pengecatan per titik justru lebih mahal dibandingkan dengan harga mengecat secara full body.

Pasang Anti Karat untuk Mobil, Segini Kisaran Biayanya

“Kalau per panel (per titik) jatuhnya lebih mahal biasanya mencapai Rp350 ribu hingga Rp400 ribu. Sekarang kalau secara global (semua) antara Rp4 juta hingga Rp4,5 juta,” kata Agus kepada VIVA.co.id, Kamis 26 Mei 2016.

Hal ini menurutnya dikarenakan cat per panel tidak efektif seandainya banyak titik yang mau dilakukan pengecatan. Belum dengan risiko beberapa titik atau panel yang tak terpantau.

Ingat-ingat Lagi, Ini Untungnya Mobil Dicat Oven

"Kalau titiknya sedikit memang lebih murah, tapi kalau titik yang mau dicatnya banyak, mending full body.
Bedanya yang global sama yang panel, jika global maka yang kecil masuk hitungan. Tapi yang panelan, yang satu dikerjain, pasti ada yang ketinggalan dan beda hitungan kalau ada juga yang cacat ketinggalan," katanya.

Ilustrasi cat mobil

Permintaan Cat Mobil Meningkat Gara-gara Ini

Tren modifikasi yang berkembang menjadi pendorong bisnis cat otomotif.

img_title
VIVA.co.id
2 Februari 2022