VIDEO: Pria Pengangguran Sukses Bikin Pesawat Bermesin Mobil

Abdul bersama pesawat buatannya.
Sumber :
  • www.indianautosblog.com

VIVA.co.id – Abdul Wajid, seorang pria pengangguran dari Desa Muzaffarnagar, di India, berhasil membuat sebuah pesawat yang didorong oleh sebuah mesin mobil Suzuki Omni.

2 Angkot Biru Ini Jadi Viral di Media Sosial

Seperti dilansir Indianautosblog, Minggu, 29 Mei 2016, pria berusia 26 tahun yang dahulu pernah mendapatkan latihan Aero Modeling saat magang di National Cadet Corps (NCC) itu, membuat pesawat yang dapat mengangkut seorang penumpang alias single seater.

Sebelum membuat pesawat, Wajid mengaku kesulitan mencari pekerjaan. Selama bertahun-tahun, ia wara-wiri memakai kemeja dan membawa surat lamaran ke berbagai perusahaan, namun ditolak. Ia lantas membuat pesawat terbang berbekal latihan yang didapat dari NCC.

Cara Pemotor Hindari Basah saat Hujan Ini Bikin Warganet Tersenyum

Wajid mengaku, awalnya dia pertama kali menggunakan dua mesin sepeda motor, namun kini sudah diubah menjadi menggunakan mesin mobil Suzuki.

Wajid mengatakan, pesawat single-seater-nya itu memiliki berat sekira 350 kilogram. Pesawat juga didukung dengan rangka baja yang kokoh. Sementara mesin yang dicantoli untuk menggerakkan pesawat buatannya, berkapasitas 800cc tiga silinder yang mampu menyemburkan tenaga 34,7 PS dan torsi 59 Nm.

Honda Jazz Nekat Masuk Jalur Sepeda, Sanksinya Enggak Main-main

Pesawat ini dilengkapi dengan tangki bahan bakar bensin 25 liter, dan dapat terbang di udara sejauh 10 kilometer. Untuk membangunnya, dia mengaku menghabiskan dana sekira 5 lakh atau setara Rp100 juta.

Saat ini, dia mengaku masih menunggu mendapatkan izin penerbangan sipil dari DGCA untuk diterbangkan di desanya. Ketika ditanya soal keselamatan, Wajid mengatakan dia akan menggunakan parasut saat terbang.

"Yang saya inginkan adalah untuk menunjukkan kepada semua orang yang telah mengatakan saya tak berharga. Saya tidak ingin apa-apa lagi. Saya yakin industri penerbangan akan mengambil catatan itu. Seseorang dapat menggunakan saya, melatih saya lebih lanjut, dan memanfaatkan jasa saya," kata Wajid.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya