Wajib Tahu, Kerugian Beli Mobil Bekas Rental

Ilustrasi jual beli mobil bekas.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Pilihan mobil bekas saat ini beragam. Meski begitu, Anda tentu perlu teliti pada mobil bekas yang menjadi incaran. Salah-salah bisa jadi petaka dan sumber masalah bagi Anda. Karena, di pasaran saat ini banyak pedagang nakal yang hanya memoles barang dagangannya agar tampil menawan, padahal penuh masalah.

Membandingkan Harga CR-V, Fortuner dan Pajero Sport Bekas

Salah satu mobil bekas yang perlu diwaspadai adalah bekas pakai rental penyewaan. Umumnya, yang harus Anda perhatikan saat berniat membeli mobil bekas yang digunakan untuk rental sebelumnya adalah umur mobil tersebut.

Sebab, beberapa penyewaan mobil terutama rental kecil biasanya tidak begitu memerhatikan perawatan rutin mobil rentalnya. Mobil yang tidak terawat tentunya memiliki banyak kekurangan pada bagian performa. Mobil rental yang jarang diservis, memiliki kemungkinan besar mengalami penurunan performa.

Terkuak, Taktik Culas Pedagang Mobil Bekas Jual Xpander

Hal ini juga tentu berpengaruh pada sisa umur mobil nantinya. Jangan sampai Anda yang ingin lebih irit dengan membeli mobil bekas, malah harus menanggung biaya mobil yang mengalami penurunan dan kerusakan.

Masih mengenai umur, seperti dilansir situs resmi Toyota, Senin, 30 Mei 2016, kali ini yang juga harus diperhatikan adalah tentang umur pakai mobil rental tersebut.

Mobil Keluarga Rp150 Jutaan Jadi Incaran Jelang Lebaran

Umur pakai maksudnya adalah jarak yang sudah ditempuh mobil rental tersebut. Karena sering disewakan, mobil rental biasanya memiliki jarak tempuh yang tidak sedikit alias mobil capek.

Ingat, semakin tinggi jarak tempuh mobil, berarti kualitas komponennya pun semakin menurun. Seperti yang sudah dijelaskan di atas tentang penurunan performa, biaya yang diperlukan untuk perbaikannya jelas tidak sedikit.

Maka itu, ada baiknya Anda teliti memeriksa kondisi mobil bekas yang diinginkan dengan baik. Perhatikan pula dengan baik masa depan mobil yang akan dibeli, sehingga Anda dapat memperkirakan masalah yang mungkin harus dihadapi ke depannya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya