Pertimbangkan Baik-baik Sebelum Beli Mobil Bekas Rental

Bursa mobil bekas. Ilustrasi.
Sumber :
  • mobil.my.id

VIVA.co.id – Jelang lebaran, masyarakat biasanya sudah mulai mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk mencari kendaraan untuk mudik.

Beli Mobil Bekas di Lelang Selalu Ada Masalah, Mitos atau Fakta?

Hal ini biasanya dilakukan oleh mereka yang rutin pulang ke kampung halaman, demi bisa merayakan lebaran bersama keluarga besar.

Meski produsen mobil sudah banyak meluncurkan produk-produk baru, namun ada juga masyarakat yang lebih memilih untuk membeli mobil bekas. Alasannya jelas, mobil bekas bisa didapat dengan harga yang jauh lebih murah.

Membandingkan Harga CR-V, Fortuner dan Pajero Sport Bekas

Penjual mobil bekas tidak hanya datang dari kalangan pedagang saja, namun juga mereka yang biasa menyewakan mobil (rental). Umumnya, perusahaan rental mobil akan menjual mobil-mobil yang mereka gunakan, setelah usia mobil tersebut mencapai beberapa tahun.

Hal itu dikarenakan banyak konsumen rental mobil ingin mendapat kendaraan keluaran terbaru, sehingga perusahaan rental harus selalu memperbarui unit yang mereka miliki.

Terkuak, Taktik Culas Pedagang Mobil Bekas Jual Xpander

Dilansir dari Toyota Astra, Senin 30 Mei 2016, tidak seperti mobil bekas hasil curian, mobil bekas rental biasanya tidak memiliki masalah dengan legalisasi atau berkas-berkas.

Yang harus Anda perhatikan saat berniat membeli mobil bekas rental adalah umur mobil tersebut. Beberapa penyewaan mobil, terutama rental kecil, biasanya tidak begitu memerhatikan perawatan rutin mobil rentalnya. Mobil yang tidak terawat tentunya memiliki banyak kekurangan pada bagian performa.

Mobil rental yang jarang diservis kemungkinan besar mengalami penurunan performa. Hal ini tentu berpengaruh pada sisa umur mobil nantinya. Jangan sampai Anda yang ingin lebih irit dengan membeli mobil bekas, malah harus menanggung biaya mobil yang mengalami penurunan dan kerusakan.

Masih mengenai umur, kali ini yang harus Anda perhatikan adalah jarak tempuhnya. Karena sering disewakan, mobil rental biasanya memiliki jarak tempuh yang tidak sedikit. Yang perlu Anda ingat adalah, semakin tinggi jarak tempuh mobil, berarti kualitas komponennya pun semakin menurun.

Pastikan Anda memeriksa kondisi mobil bekas yang Anda inginkan dengan baik dan teliti. Perhatikan dengan baik masa depan mobil yang akan Anda beli, sehingga Anda dapat memperkirakan masalah yang mungkin Anda harus hadapi ke depannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya