Ciri-ciri Mobil Bekas Tabrakan Maut, Catat Biar Tak Tertipu

Mobil bekas tabrakan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasin Fadilah

VIVA.co.id – Umumnya mobil korban tabrakan mengalami kerusakan yang cukup parah. Meski sudah direstorasi, terkadang masih saja terdapat bagian yang tidak bisa diperbaiki dan kembali seperti sedia kala.

Mobil dengan Warna-warna Ini Gampang Dijual

Saat ini, di pasaran, banyak oknum penjual mobil bekas nakal yang mengakali kendaraan bekas tabrakan untuk dijual kembali. Hal ini tentu akan merugikan konsumennya.

Menurut Jufriyanto, penggawa Puas Motor --bengkel mobil-- di bilangan Jakarta Timur, ada sejumlah trik sederhana yag bisa dipakai sebelum membeli mobil bekas. Hal ini untuk mengidentifikasi, apakah mobil yang jadi incaran Anda, bekas tabrakan atau tidak.

Benarkah Beli Mobil Bekas Taksi Menguntungkan?

Baca juga:

"Mobil yang bekas tabrakan biasanya sasisnya tidak bagus. Makanya yang harus dicek itu bagian sasis-sasisnya, karena mobil bekas tabrakan kebanyakan rusak itu di sasis," katanya saat berbincang dengan VIVA.co.id, Senin 26 Mei 2016.

Penjualan Mobil Bekas Mulai Merangkak Naik 30 Persen

Selain itu, seandainya Anda membeli mobil bekas, harus dilihat juga bagian kap depan untuk melihat apakah ada bekas las atau tidak.

"Mobil yang normal itu tulangnya memang ada las-an. Tapi las-annya itu rapi dan tidak asal. Cek tulang-tulangnya secara detail, supaya tidak tertipu membeli mobil bekas tabrakan," kata dia.

Baca juga:

Selanjutnya, periksa juga bagian bodi-bodi mobil untuk melihat kesamaan lekukan mobil. Biasanya mobil yang normal itu sama lekukannya. "Kebanyakan diakalin dan dibuat asal. Jadi harus diteliti dengan betul bagian bodi dan catnya," kata dia.

Anda juga bisa melihat bagian kemudinya dengan cara test drive. Umumnya, mobil bekas tabrakan tak bakal nyaman dikendarai, kadang suka 'bergerak liar'. "Di bagian kaki-kaki juga kelihatan, mobil bekas tabrakan itu cenderung tidak stabil dan agak susah untuk dilakukan spooring dan balancing," ujar dia.

Baca juga:

Namun, untuk masalah mesin, menurutnya perbedaan antara mesin mobil yang bekas tabrakan dengan tidak, susah untuk diprediksi. Karena bagian mesin jarang mengalami kerusakan. "Kalau membedakan mesin mobil tabrakan agak susah. Soalnya jarang yang tabrakan sampai kena mesin. Paling yang kena radiator sama AC," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya