Motor Listrik Gesits Buatan Surabaya Laris Manis

Perkenalan sepeda motor Gesits di Surabaya.
Sumber :
  • Januar Adi Sagita/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Motor skuter listrik buatan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, bekerjasama dengan PT Garansindo Inter Global rupanyamenarik perhatian banyak orang. Buktinya, motor yang diberi nama Gesits itu, sejak pre order atau pemesanan sebelum produksi, skuter tersebut sudah dipesan sebanyak 20 ribu unit.

Wow! Sri Mulyani Anggarkan Rp 966 Juta untuk Pengadaan Mobil Listrik Eselon I

Menurut Ketua Tim Pusat Riset Mobil Listrik Nasional ITS, Muhammad Nur Yuniarto, setidaknya sudah ada 20.326 unit motor yang dipesan. “Itu berdasarkan catatan kami pada Senin, 30 Mei 2016, pukul 17.40 WIB,” kata Nur kepada wartawan di Surabaya, Selasa, 31 Mei 2016.

Uniknya, dalam pemesanan sistem pre order itu pihaknya sama sekali tidak meminta uang muka. Padahal lazimnya, dalam pemesanan barang kendaraan, calon konsumen harus membayar uang muka terlebih dahulu.

Menperin: Bantuan Rp 7 Juta Beli Motor Listrik untuk Dorong Produktivitas UMKM

Sayang, mengenai harga dari tiap unitnya, Nur masih belum mau membuka harganya. Pria berkacamata itu hanya menuturkan, jika motor itu memiliki harga kisaran antara Rp15 juta hingga Rp20 juta.

Nur menyatakan, dirinya sangat optimistis jika ke depannya motor itu akan semakin banjir peminat. Terlebih, motor itu juga sudah mendapatkan apresiasi dari sejumlah pejabat, maupun menteri. “Di antaranya Menristek Dikti, Pak M Nasir, maupun Pak Menhub, Ignasius Jonan juga sudah mendukung,” ujarnya bangga.

Menperin Usulkan Tiga Opsi Kebijakan untuk Insentif Mobil Listrik

Wujudnya mirip Vario

Saat diperkenalkan, terlihat wujud nyata motor listrik buatan dalam negeri yang telah lama jadi perbincangan publik pencinta otomotif Tanah Air. Jika diamati dengan seksama, Gesits mirip dengan skuter matik Honda Vario. Yang membedakan yakni hasil pembuangan bahan bakarnya tidak mengeluarkan emisi.

"Kalau motor lainnya masih menghasilkan emisi," kata Chief Executive Officer (CEO) PT Garansindo, M Al Abdullah, di ITS, Surabaya, saat perkenalan motor Gesits.

Dia menyatakan, Gesits juga bisa disambung ke perangkat elektronik seperti telepon seluler pintar melalui sambungan bluetooth. "Maksudnya display speedometer dan kapasitas baterainya yang terhubung," ujarnya menambahkan.

Meski demikian, Al mengakui untuk saat ini Gesits masih memerlukan penambahan dalam hal penampilan. Sebab, menurutnya penampilan motor itu sampai saat ini masih terbilang dasar. "Warnanya masih hitam. Malah awalnya yang kami terima dari teman-teman ITS hanya putih polos," ujar Al.

Dengan berbagai penyempurnaan yang akan dilakukan, Al yakin motor tersebut bakal laku di pasaran. Produksi massal sendiri akan dilakukan pada 2017 mendatang. "Harganya juga murah tidak sampai Rp20 juta, dan semua komponennya dari dalam negeri kecuali baterainya yang masih diimpor dari negara lain."

(mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya