Karet Ini Bisa Cegah Berkurangnya Oli Kendaraan

Kuras oli mesin mobil/Ilustrasi.
Sumber :
  • Bmwblog

VIVA.co.id – Oli kerap diibaratkan sebagai darah bagi mesin kendaraan. Tanpa oli, maka seluruh komponen mesin yang bergerak tidak akan berfungsi dengan baik.

Benarkah Motor Injeksi Tak Perlu Lagi Dipanaskan?

Selain sebagai pelumas, oli juga digunakan untuk membawa serpihan-serpihan logam yang mungkin terkikis dari mesin. Itu sebabnya, oli kendaraan wajib diganti secara berkala atau sesuai dengan jarak tempuh kendaraan.

Berbicara mengenai oli, Anda mungkin pernah mengalami berkurangnya oli mesin. Biasanya, hal ini terjadi pada mesin-mesin yang mengalami masalah pada cincin pistonnya, sehingga oli ikut terbakar bersama bensin dan udara.

Tips Mudah Usir Embun di Kaca Mobil, Cukup Pakai Sampo

Namun ternyata, seperti dilansir dari Toyota Astra, Selasa 31 Mei 2016, berkurangnya kadar oli tidak hanya akibat masalah pada cincin piston saja. Oli dapat berkurang gara-gara hal yang sederhana, yakni saat mengganti oli lama dengan yang baru.

Saat mengganti oli, mekanik biasanya membuka baut penyumbat bak penampung oli. Setelah semua oli lama terkuras, baut kemudian dipasang kembali dan oli yang baru diisi ke mesin.

Kebiasaan Pemotor yang Bikin Sakit Leher dan Pundak

Biasanya, mekanik bengkel akan memasang seal tape pada baut, untuk mencegah oli merembes keluar dari lubang baut. Sayangnya, seal tape tidak didesain untuk beroperasi pada suhu yang tinggi.

Seal tape umumnya digunakan untuk menahan rembesan air pada keran. Karena suhu air keran relatif dingin, maka seal tape tidak akan rusak.

Untuk mencegah rembesan oli, ada komponen khusus yang biasa disebut ring washer. Bentuknya bulat seperti cincin dan terbuat dari bahan karet. Komponen ini sengaja didesain agar tahan suhu tinggi, sehingga bisa menahan oli dengan maksimal.

Jadi, saat Anda mengganti oli di bengkel, pastikan bahwa mekanik memasang ring washer, dan bukan seal tape.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya