Penyebab Mobil Diesel Berasap Mirip Fogging

Mobil diesel berasap tebal.
Sumber :
  • Motormobil.net

VIVA.co.id – Terkadang kita pasti kerap melihat pemandangan mobil diesel dengan asap tebal mengepul layaknya fogging. Bukan tanpa masalah, sebab kondisi demikian mengindikasikan ada yang bermasalah pada mobil tersebut.

Penerapan Standar Euro 4 untuk Mobil Diesel, Diundur 1 Tahun

Padahal, mobil bermesin diesel saat ini umumnya sudah menggunakan teknologi common-rail. Teknologi ini mengatur penyemprotan bahan bakar dengan Engine Control Unit (ECU), sehingga penyemprotan bahan bakar lebih sempurna dan dengan tepat dapat memenuhi kebutuhan mesin.

Dilansir AstraWorld, Selasa, 31 Mei 2016, tujuan penggunaan teknologi ini untuk menyempurnakan sistem pembakaran, sehingga gas buang yang dikeluarkan dari knalpot lebih bersih dan lebih ramah lingkungan.

Menakar 'Nafas' Mobil Panther di RI, Benarkah Tinggal Setahun Lagi?

Untuk menunjang kinerjanya, mesin diesel common-rail sebaiknya menggunakan bahan bakar yang berkualitas untuk memaksimalkan pembakaran dan performa mesin. Bahan bakar yang disarankan untuk digunakan yaitu bahan bakar khusus diesel yang memiliki angka cetane 48, 51, atau 53.

Pada mesin diesel common-rail, penggunaan solar dengan angka cetane yang kurang sesuai dapat berdampak negatif. Di antaranya knalpot menghasilkan asap tebal, getaran mesin lebih kuat, namun tarikannya lebih lambat. Jika menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai secara terus menerus dan dalam jangka waktu yang panjang akan dapat menyumbat saringan bahan bakar dan mengakibatkan mesin mogok.

Pemilik Mobil Panther Jadi Orang yang Spesial

Jika gejala-gejala di atas terjadi pada mobil diesel, segera lakukan servis di bengkel resmi. Nantinya, bengkel akan membersihkan injektor agar pengabutan kembali sempurna. Dinding-dinding ruang bakar juga dibersihkan dari sisa-sisa pembakaran, sehingga ruang bakar kembali bersih untuk menunjang pembakaran yang lebih sempurna.

Perawatan berkala yang diperlukan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan asap tebal pada knalpot yakni, mengganti saringan bahan bakar dan membersihkan filter udara secara rutin.

Ilustrasi Isuzu

Bikin Mesin Diesel Ramah Lingkungan Bukan Cuma Urusan Produsen Mobil

Harus didukung kesiapan para supliernya.

img_title
VIVA.co.id
26 Juni 2020