Ini Perlengkapan yang Dipakai Bengkel Ketok Magic, Mistis?

Ketok magic di wilayah Pramuka, Jakarta.
Sumber :
  • Foto: VIVA.co.id/Herdi Muhardi

VIVA.co.id – Bodi mobil yang penyok, tentu sangat mengganggu pandangan mata. Apalagi, mengalami kerusakan yang parah. Untuk sebagian pemilik mobil, memperbaiki bagian kendaraan yang penyok di diler resmi tentu memberatkan, karena terbilang mahal. Salah satu solusi yang kerap dilirik, yakni memanfaatkan jasa bengkel ketok magic.

Meskipun Mulus, Mobil Bekas Ketok Magic Ternyata Bisa Dikenali

Namun, banyak yang menganggap bahwa ketok magic mengandung unsur mistis, karena pengerjaannya yang sangat cepat dan seakan ditutup-tutupi.

Menurut Anang, penggawa dan pemilik Bengkel Ketok Magic Karno di Kawasan Pangkalan Jati, Jakarta Timur, tak ada ritual khusus dalam proses pengerjaannya. Yang dibutuhkan, kata dia, hanya perlengkapan sederhana dan keterampilan khusus.

Layanan ala Ketok Magic Bengkel Mobil Auto2000, Ngerjainnya Kilat

"Itu, karena keahlian saja. Untuk alat secara spesifik, tidak ada yang khusus. Kita memakai alat yang sederhana, seperti palu biasa, ambalan, atau tatakan yang terbuat dari besi, per daun, dan magnet," kata Anang kepada VIVA.co.id, Selasa 31 Mei 2016.

Ia menjelaskan, kalau pun sulit untuk diketok menggunakan palu, terkadang menggunakan alat las untuk membantu merapikan bagian yang rusak. "Kadang dibantu las juga, kalau tidak kuat pakai palu, atau memakai magnet," kata Anang.

Mobil Ringsek Separah Apapun, Bengkel Ketok Magic: Kami Bisa Sembuhkan

Untuk titik pukul, ia menambahkan, tidak mempunyai titik pukul yang khusus. Kebanyakan titik yang dipukul hanya yang mengalami kerusakan saja. "Namun, kalau lewat foto tidak bisa, kita lihat begitu saja. Kita hanya bisa lihat langsung. Makanya diperiksa semua. Kita kan tidak tahu kalau kerusakannya di mana, kita lihat dahulu," kata Anang.

Ia pun menepis jika ada anggapan ketok magic berunsur mistis, karena pengerjaannya memang membutuhkan keahlian khusus. (asp)

Stan Toyota di GIIAS 2019

Untungnya Beli Mobil Baru Awal Tahun, dan Ciri-ciri Bekas Ketok Magic

Informasi soal pembelian mobil baru di awal tahun, dan tips mengetahui bekas ketok magic ada di VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
25 Januari 2021