Mobil Bekas Ini Banyak Diburu untuk Jadi Taksi Online

Honda Mobilio
Sumber :
  • HPM

VIVA.co.id – Hadirnya taksi berbasis online sempat menimbulkan kontroversi, karena berkaitan dengan legalitas.

Pengamat: Pemerintah Lindungi Pengusaha Taksi Konvensional

Selain itu, banyak pengemudi taksi konvensional yang menentang, karena dianggap mengganggu mata pencarian mereka. Namun kini, taksi terus beroperasi, bahkan jumlahnya makin menjamur.

Meningkatnya keberadaan taksi online rupanya menjadi berkah tersendiri bagi para penjual mobil bekas. Hal ini terjadi juga di Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Jakarta.

Kapolri Minta Jajarannya Proaktif Redam Bentrok Pengemudi

Menurut Senior Marketing Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih, mobil yang kini menjadi buruan konsumen untuk taksi online adalah Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan Honda Mobilio.

"Tapi, mobil-mobil yang dibeli konsumen untuk taksi online ini tahunnya muda, minimal 2013-2014," jelas Herjanto saat berbincang dengan VIVA.co.id, Kamis, 2 Juni 2016.

Tarif Online Harusnya Beri Kepuasan Konsumen dan Pengemudi

Herjanto menuturkan, untuk Avanza dan Mobilio bekas rakitan 2013-2014, saat ini harga yang ditawarkan sekitar Rp160-170 jutaan. Sedangkan untuk Xenia dengan tahun yang sama, dibanderol lebih murah Rp15-20 jutaan.

Seperti diketahui, mobil pribadi yang digunakan sebagai taksi online usianya wajib kurang dari lima tahun.

Hal ini tentu saja menjadikan mobil-mobil bekas dengan tahun muda menjadi buruan konsumen. Pasalnya, selain masuk syarat mobil berusia muda, banderol mobil bekas lebih terjangkau.

Tak hanya itu, mobil sejenis Avanza, Mobilio dan Xenia juga dianggap lebih fungsional, karena memiliki ruang kabin lapang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya