Tips Usir Kantuk untuk Pemotor Saat Berpuasa

Pemotor yang mengantuk hingga tertidur.
Sumber :
  • Rushlane

VIVA.co.id – Mulai pekan depan, kaum muslim akan menunaikan ibadah puasa. Meski berpuasa, namun kegiatan sehari-hari tetap mereka lakoni, termasuk mengendarai sepeda motor.

Tips Simpan Bahan Makanan di Kulkas dan Cara Menghangatkannya

Salah satu tantangan saat berpuasa, ketika naik sepeda motor adalah rasa kantuk. Jika dibiarkan terus mengantuk, bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Dilansir dari Fdrtire, Kamis 2 Juni 2016, sebenarnya ada beberapa cara mudah untuk mencegah rasa kantuk menyerang saat tengah mengendarai sepeda motor. Berikut tipsnya:

Tips Bijak Hadapi Promo Saat Ramadan Supaya Tak Boros

Yang pertama, adalah mengganti nasi putih dengan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Nasi adalah makanan pokok yang tidak bisa ditinggalkan. Namun, selama puasa, coba ganti nasi putih yang biasa Anda konsumsi dengan dengan nasi merah.

Nasi merah berbeda dengan nasi putih, karena termasuk karbohidrat kompleks yang mengandung banyak serat. Selain nasi merah, sumber karbohidrat kompleks lainnya yang bisa Anda coba adalah ubi, jagung, singkong, sereal, atau roti gandum.

Kedua, hindari makanan yang digoreng. Camilan gorengan maupun makanan utama yang pengolahannya dengan cara digoreng, sebaiknya dihindari selama puasa, terutama untuk menu sahur.

Berkumur dan Sikat Gigi Bikin Puasa Batal?

Makanan yang digoreng ini menyebabkan sel darah merah menggumpal. Akibatnya, aliran oksigen berkurang hingga 20 persen, yang berujung pada timbulnya rasa kantuk.

ketiga, cukup minum. Anda mungkin tidak merasa haus ketika berbuka puasa. Namun, Anda perlu cukup minum, untuk mengganti asupan cairan yang hilang selama puasa.

Efek kurang cairan bisa menurunkan konsentrasi yang Anda butuhkan saat mengendarai motor. Hindari juga minum kopi dan minuman berkadar kafein tinggi, terutama saat malam hari, karena membuat Anda sulit tidur.

Terakhir, pastikan cukup istirahat. Aktivitas pekerjaan selama puasa yang tidak berubah, ditambah dengan kegiatan ibadah, membuat waktu tidur sering kali berkurang.

Pastikan Anda tidur malam minimal enam jam. Berhubung selama puasa Anda tidak makan siang, pergunakan waktu istirahat tersebut untuk tidur siang. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya