Jenis Mobil Ini Banyak Ditukar Tambah Jelang Lebaran

Ilustrasi jual beli mobil bekas.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Menjelang Lebaran, salah satu yang dipersiapkan masyarakat untuk mudik adalah kendaraan. Umumnya, pemudik akan memilih untuk pulang ke kampung halaman dengan menggunakan mobil yang berukuran besar.

Kemampuan Anda Menyetir Cuma 3 Jam, Jangan Dipaksa

Penggawa Dave Car di bursa mobil bekas WTC Mangga Dua, Jakarta Utara, Sunanta menjelaskan, menjelang Lebaran, banyak pemudik yang melakukan tukar tambah kendaraan.

"Kalau untuk tukar menukar mobil menjelang Lebaran seperti sekarang, orang banyak yang melakukan itu," ujarnya, Kamis 2 Juni 2016

Ketahuan Nyopet Saat Mudik Lebaran, Pria Ini Diamuk Massa

Menurutnya, kebanyakan mereka mengincar mobil keluarga yang ruang kabinnya lebih luas. Mobil keluarga dianggap nyaman untuk dipakai mudik bersama keluarga.

"Pertimbangannya, pertama, mereka mencari mobil yang tahun muda. Selain itu, dari kondisi mobilnya. Yang tadinya punya mobil sedan, mereka beralih mencari mobil yang keluarga untuk dibawa mudik," jelasnya.

Jelang Lebaran, BBM di Ternate Langka

Ditemui di tempat yang sama, pemilik showroom mobil bekas Autoglory, Yadi mengakui, permintaan akan mobil keluarga mulai meningkat.

“Iya nih, banyak yang tukar tambah sedan ke MPV (multi purpose vehicle). Bilangnya buat mudik,” ungkap Yadi.

Sementara itu, konsumen yang belum memiliki mobil biasanya mencari kendaraan jenis LCGC (Low Cost Green Car). Hal ini, karena banyaknya stok mobil bekas dari kelas mobil murah yang dipasarkan.

"Tahun ini, selain Avanza dan Innova, banyak juga yang mencari mobil LCGC, seperti Agya, Ayla dan Brio. Kan, sekarang sudah banyak yang bekas," Kata Sunanta.

Rata-rata mereka yang mencari mobil LCGC adalah pasangan muda yang belum memiliki anak, atau baru punya satu anak saja, sehingga barang yang perlu dibawa tidak banyak.

"Sekarang, banyak pasangan muda yang ingin membeli mobil tersebut untuk dibawa mudik, ini dikarenakan harganya murah," jelas pemilik showroom Auto Glory, Rosyadi. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya