Sulap Yamaha R25 Lebih Bertenaga, Ini Buktinya

Modifikasi Yamaha R25
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA.co.id – Freddy A Gautama, punggawa bengkel performa Ultraspeed Racing, dikenal karena kepiawaiannya melahirkan sportbike bertenaga besar sesuai pesanan. Namun rupanya tak hanya untuk konsumen saja, ia juga menyulap motornya sendiri menjadi lebih keren.

Balap Klasik Bakal Jadi Tren Modifikasi di 2020

Juragan Ultraspeed ini memang membutuhkan motor harian dengan tenaga yang lebih besar untuk menunjang aktivitasnya. Yamaha R25 lansiran 2015 menjadi pilihannya. Lalu apa yang menarik dari motor bergaya sport yang satu ini?

Freddy memilih menyematkan piranti racing agar lebih memberikan torsi yang besar. “Saya cukup suka dengan R25 dari penampilannya, tapi urusan tenaga saya kurang puas hanya berpatok pada volume 250cc. Maka dari itu, saya naikkan jadi 300cc, dan tetap aman untuk harian,” kata Freddy saat ditemui VIVA.co.id di bengkel Ultraspeed Racing, Jl Panjang, Jakarta Barat, Minggu, 5 Juni 2016.

Bagian Mobil yang Sering Dimodif, Dijamin Tampilan Langsung Berubah

“Hanya mengganti part racing yang sifatnya bolt on atau plug and play. Seperti blok piston, saya gunakan 62mm dan sentuhan porting polish. Agar tetap aman untuk harian kompresinya, bermain di 11,5 : 1,” kata Freddy.

Bukan hanya mesin, ECU, koil, knalpot free flow, dan port injeksi pun menjadi saksi dari kenaikan tenaga yang dihasilkannya. “Membengkaknya volume mesin perlu dukungan pengapain besar dan asupan bensin yang cukup agar tenaga yang dihasilkan maksimal,” kata pria yang juga menjadi juru seting dynojet.

Tren Modifikasi Mobil 2019: Sederhana dan Elegan

Menurut pria berkacamata ini, motor gubahannya ini membuat dirinya semakin pede saat di jalanan, apa lagi dengan motor yang sejenis. “Saya dan mekanik lainnya di bengkel, seting motor ini untuk jarak jauh. Jadi power besarnya baru terasa saat masuk gigi 4 dan seterusnya,” katanya.

Untuk menunjang penampilannya, sport bike garpu tala ini juga dilaburi warna biru muda di sekujur badannya yang menjadi warna khas bengkelnya. “Saya pilih warna biru, soalnya mirip di STNK juga. Kebetulan memang warna ciri khas kami juga, jadi tetap aman, sekalian promo,” katanya.

Data spesifikasi

Blok piston: Nikasil 62 mm
Piston : Forged
Head : Porting Polish
Ecu : R2 Aracer
Koil : Ultraspeed
Karburator : Penambahan Velocity Stack (corong)
Knalpot : Custom WRX
Foot step : B-pro
Preload : B-pro
Master rem : Galespeed
Kaliper : Brembo
Brake line : Hel
Disk brake depan : Energumen
Stabilizer : B-pro
Quick Shifter : Aracer
Gear : 46 SSS
Rantai : RK

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya