Daftar Rekor Jalan Raya, dari Terpanjang hingga Tersibuk

Jalan raya paling lebar di Houston, Texas, Amerika Serikat.
Sumber :
  • inautonews

VIVA.co.id – Tak bisa dipungkiri, keberadaan jalan raya sangat membantu manusia menjalankan aktivitasnya. Jalan raya sebenarnya sudah ada sejak lama namun seiring perkembangannya keberadaan jalan pun semakin mulus karena terbantu dengan teknologi yang berkembang.

Foto Modifikasi Keren, Harley-Davidson Bergaya Yakuza

Dilansir Inautonews, Senin 6 Juni 2016, diketahui pembuatan jalan raya pertama diciptakan pada 1824 oleh Joseph Aspdin. Kala itu jalanan terbuat dari semen Portland atau beton. Semakin baiknya kondisi jalan tentu semakin memudahkan bagi para penggunanya.

Nah, selain jalan raya pertama itu, ada beberapa rekor jalan raya di dunia yang tak banyak diketahui.

Keren, Koboi Laso Maling Motor dari Atas Kuda

Berikut ini rekor-rekor terkait dengan sejarah jalan raya:

Jalan raya terpanjang

Komunitas Mobil Ini Hanya Ada di 5 Negara, Termasuk RI

Jalan raya terpanjang di dunia disebut Pan-American Highway. Jalan raya ini memiliki total panjang hingga 47.958 kilometer. Pan-American Highway menjadi jalan raya internasional terpanjang dengan menghubungi 14 negara sekaligus, meliputi Kanada, Amerika Serikat, Meksiko, Guatemala, El Salvador, Honduras, Nikaragua, Kosta Rika, Panama, Kolombia, Ekuador, Peru, Chile dan Argentina.

Jalan raya nasional terpanjang

Jalan raya terpanjang untuk skala nasional berada di Australia, yang dikenal dengan nama Highway 1. Jalan raya ini mengitari lingkar luar negeri kangguru dengan panjang jalan mencapai 14.500 km.

Jalan raya terlebar

Selain ada panjang, tentu ada lebar. Dan jalan terlebar rupanya terdapat  Houston, Texas, Amerika Serikat yakni Katy Freeway (bagian dari Interstate 10). Saking luasnya, jalan ini diketahui memiliki 26 jalur yang diantaranya merupakan 12 jalur utama, 8 jalur jalan akses keluar masuk, dan enam lainnya merupakan jalur bebas hambatan.

Jalan raya tertinggi

Jalur jalan raya paling tertinggi diketahui berada di ketinggian 4.693 meter yang letaknya 700 km dari Islamabad yang dikenal dengan sebutan Karakoram Highway. Jalur tertinggi ini disebut salah satu jalan yang luar biasa karena memotong jalan melalui lembah dan dataran pegunungan utara Pakistan, sehingga mampu membuka komunikasi beberapa distrik seperti Chitral, Gilget, dan Balistan, dengan kota-kota besar seperti Islamabad, Rawalpindi dan Lahore.

Jalan raya tersibuk

Untuk jalan raya paling sibuk terdapat di Amerika Serikat, yakni Highway 401–the Macdonald-Cartier Freeway dengan rata-rata volume 500 ribu kendaraan per hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya