Catat, Beberapa Penyebab Cat Motor Gampang Kusam

Cuci motor. Ilustrasi.
Sumber :
  • www.suksestrikonlineblogspot.com

VIVA.co.id – Memiliki sepeda motor dengan tampilan kinclong dan bersih tentu menjadi dambaan banyak orang. Setidaknya, rasa percaya diri untuk menungganginya akan bertambah.

Benarkah Motor Injeksi Tak Perlu Lagi Dipanaskan?

Berbagai cara pun kemudian ditempuh para pemilik sepeda motor agar kuda besinya tampil kece. Di antaranya, rajin mencuci, poles dengan pengkilap motor, dan lain sebagainya. Namun, tanpa disadari ada sejumlah hal yang buat tampilan motor jadi cepat kusam. Apa saja? Berikut seperti dilansir WeloveHonda, Selasa, 7 Juni 2016.

Pertama, yang bikin motor terlihat kusam tentu karena motor tidak pernah dicuci. Debu yang kelamaan melekat di bodi akan membuat daya kilap plastik semakin berkurang. Jangan salah, debu yang menebal di bodi motor bisa bikin bodi motor cepat baret-baret juga. Maka, Anda tentu harus selalu meluangkan waktu untuk mencuci motor kesayangan.

Tips Mudah Usir Embun di Kaca Mobil, Cukup Pakai Sampo

Kedua, karena cuaca. Misalnya parkir di bawah terik matahari. Seandainya ada tempat teduh, carilah tempat parkir di tempat tersebut. Dianjurkan, Anda parkir motor di dalam ruangan, atau kalau terpaksa harus parkir di ruang terbuka, pilihlah tempat yang beratap, minimal terhindar dari sinar matahari langsung.

Selain itu Anda juga perlu menghindari motor dengan angin saat parkir, karena debu yang bercampur panas terik dapat merusak lapisan pelindung cat yang menjadi penyebab warna cepat kusam.

Kebiasaan Pemotor yang Bikin Sakit Leher dan Pundak

Ketiga, kehujanan. Di daerah perkotaan, polusi udara bikin kondisi air hujan jadi makin asam. Tentunya berpengaruh ke cat motor. Bahkan, air hujan juga bisa mempercepat proses korosi pada bagian logam, seperti pada mesin dan sasis. Apabila terlanjur kena air hujan, ada baiknya cepat-cepat membilasnya dengan air bersih, agar warna cat motor tetap terjaga dan awet.

Keempat, minyak rem. Cairan ini memang penting fungsinya dalam fungsi pengereman. Namun minyak rem adalah salah satu musuh cat. Kalau lagi oprek motor di bengkel dan tak sengaja ada cipratan minyak rem di bodi motor, tentu harus langsung cepat-cepat dibilas.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya