Pembalap Cantik Alinka Bicara Bahaya Sandal Jepit

Alinka Hardianti
Sumber :
  • twitter

VIVA.co.id – Kenyamanan berkendara tanpa disadari berawal dari irama kaki yang memainkan pedal rem, gas, dan kopling dengan stabil. Maka dari itu, bagi pengemudi diwajibkan menggunakan alas kaki yang tepat saat berkendara, jangan sekadar menggunakan sandal jepit atau alas kaki sembarang.

Cek 7 Komponen Ini Setelah Mobil Dipaksa Kerja Keras saat Mudik Lebaran

Menurut Alinka Hardianti, pembalap nasional wanita, sandal berpotensi tersangkut di pedal. Bisa membuat pengemudi susah untuk bergerak cepat memainkan rem dan pedal kopling. Terlebih untuk mengangkat kaki dari pedal gas ke rem atau sebaliknya secara bersamaan.  

Terlebih bagi kaum hawa yang sering menggunakan high heel dan shoes wedges dengan hak setinggi mungkin. Disarankan ini tidak baik digunakan saat berkendara.

Waspada, Ini Tanda-tanda Ban Mobil Mau Pecah!

“Hak sepatu yang terlalu tinggi membuat kaki jadi lebih rumit mengatur pedal, dan berpotensi menghilangkan sensitivitas,” ujar Alinka saat dihubungi VIVA.co.id, Selasa malam, 7 Juni 2016.

Meskipun, para kaum hawa sering membawa sandal atau flip-flop yang menjadi alas kaki sementara saat berkendara, tidak bedanya dengan pria yang sering menggunakan sandal saat berkendara. Sebab, sandal tersebut tak kalah bahayanya dengan sepatu hak tinggi.

Bahaya Microsleep yang Menghantui Para Pengendara dan Penyebab Kecelakaan, Ini Gejalanya

“Sebaiknya gunakan alas kaki berbentuk sepatu dengan bagian alas setipis mungkin, agar pengemudi dapat merasakan pijakan pada pedal kendaraannya. Hindari mengemudi dengan posisi kaki telanjang, sebab dapat berisiko tinggi cedera,” kata pembalap Toyota Team Indonesia ini.

Kotak P3K di mobil

Kotak di Mobil Ini Sering Dianggap Remeh, padahal Fungsinya Penting

Dengan memperhatikan hal tersebut, Anda dapat membantu diri sendiri dan orang lain dalam situasi darurat.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024