Honda Kembali Bicara Penantang Yamaha NMax

Logo Honda Motor.
Sumber :
  • www.welovehonda.com

VIVA.co.id – Penjualan skuter matik (skutik) bongsor Yamaha NMax terus melejit. Seakan tanpa pesaing, NMax seperti kokoh dan diminati para penggila sepeda motor di Tanah Air. Penyebabnya, tentu karena pesaingnya Honda PCX dijual dengan banderol jauh lebih mahal. NMax dibuat secara lokal di Tanah Air, sementara PCX diimpor dari Vietnam.

Honda Forza 125 Mengaspal, dan Mobil Meledak saat Kejar Tesla

Belakangan kabar yang menyeruak menyebutkan jika Honda juga tengah menyiapkan penantang NMax, yakni Forza, yang telah lebih dahulu dijual di Thailand. Motor ini ramai diperbincangkan di jagad maya, karena dianggap mampu menggebuk balik Yamaha NMax yang kian perkasa belakangan.

Menurut Executive Vice President Director PT Astra Honda Motor (AHM), Johannes Loman, pihaknya memang mengakui kini tengah menyiapkan sepeda motor baru. "Saya enggak mau sebut untuk produknya, nanti enggak lagi surpraise dong," katanya, di Kuningan, Jakarta.

Calon Pembeli Forza dan XMax Bisa Tergoda Motor Baru Ini

Sedianya, produk baru itu baru akan melakoni debutnya memasuki semester kedua tahun ini. Disinggung soal Forza, Loman hanya mengatakan kemungkinan produk tersebut masuk ke Indonesia dalam waktu dekat sangat kecil.

"Forza saya tidak tahu itu produknya seperti apa, kita belum bahas dan belum ada pemikiran ke sana," ungkapnya.

Innova Setengah Miliar, hingga Harga Bekas Honda Brio

PCX murah

Sementara itu, dari pantauan di laman resmi Kementerian Perindustrian, izin motor baru Honda dengan kode WW150EXH IN A/T (transmisi otomatis/matik) baru saja keluar. Kode WW150EX digunakan Honda untuk model PCX, sementara akhiran “H” berarti generasi terbaru dari motor tersebut.

Lantas, apakah motor kejutan yang dimaksud Loman merupakan PCX model baru untuk menandingi NMax? Beberapa waktu lalu, saat ditemui di Bandung, Jawa Barat, usai peluncuran Supra GTR 150, President Director AHM, Toshiyuki Inuma tidak menampik keinginannya untuk menghadirkan PCX model terbaru untuk pasar Tanah Air.

"Mungkin saja, kemungkinan hadirnya PCX terbaru untuk Indonesia tentu saja ada. Hanya saja saya tidak bisa berkomentar banyak terkait hal tersebut," ungkapnya.

Saat disinggung mengenai harga PCX yang lebih mahal dibandingkan kompetitornya, yakni Yamaha NMax, Toshiyuki mengaku bila hal tersebut akan menjadi pertimbangan pihaknya apabila benar motor skuter milik pabrikan asal Jepang tersebut segera mengaspal di Indonesia.

"Memang saat ini harganya cukup mahal karena kami impor dari Vietnam. Kami selalu berusaha untuk menghadirkan harga yang kompetitif untuk semua produk kami. Kemungkinan untuk diproduksi di Indonesia pasti ada, karena memang ada kemungkinan harga dapat lebih kompetitif apabila diproduksi di sini," tambahnya.

Meski demikian, pria asal Jepang tersebut enggan berkomentar lebih jauh. "Menghadirkan produk baru adalah hal penting. Kemungkinan untuk PCX hadir di Indonesia tentu ada. Pokoknya tunggu saja waktunya," katanya.

Sebagai catatan, saat ini harga Honda PCX mencapai Rp39,8 juta. Sedangkan harga untuk Yamaha NMax non ABS hanya sekitar Rp23,5 juta. Harga yang cukup jauh ini yang membuat popularitas PCX tenggelam di bawah NMax.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya