Mudik Naik Angkutan Umum? Jangan Lupa Urus Motor Dulu

Cuci motor. Ilustrasi.
Sumber :
  • www.suksestrikonlineblogspot.com

VIVA.co.id – Mudik saat lebaran menjadi aktivitas rutin yang dilakukan masyarakat Indonesia setiap tahunnya.

Tips Simpan Bahan Makanan di Kulkas dan Cara Menghangatkannya

Meski banyak yang memilih menggunakan kendaraan pribadi, namun tidak sedikit pula pemudik yang mengandalkan alat transportasi umum seperti kereta dan bus, untuk dapat berkumpul dengan sanak saudara di kampung halaman.

Apabila menggunakan sarana transportasi umum untuk pulang kampung, secara otomatis motor kesayangan pun ditinggal di rumah.

Tips Bijak Hadapi Promo Saat Ramadan Supaya Tak Boros

Seperti kendaraan pada umumnya, ada beberapa hal yang harus dilakukan, sebelum Anda meninggalkan motor selama beberapa waktu.

Mekanik bengkel Eka Jaya Motor di Jakarta Barat, Zainal mengatakan, ada empat hal penting yang perlu dilakukan saat hendak meninggalkan sepeda motor dalam jangka waktu cukup lama.

Berkumur dan Sikat Gigi Bikin Puasa Batal?

"Harus diperhatikan benar itu. Salah-salah, nanti malah sulit sendiri, karena motor mungkin tidak mau menyala atau mengalami kerusakan," ungkapnya kepada VIVA.co.id, Rabu 8 Juni 2016.

Agar motor tetap prima digunakan setelah ditinggal mudik, Zainal menyarankan beberapa hal ini:

  1. Usahakan sepeda motor ditinggal dengan keadaan sangat bersih dan kering. Agar, motor dapat terhindar dari korosi atau karat selama ditinggal pergi mudik.
  2. Anda perlu mencabut kabel aki motor, untuk memastikan tidak ada arus listrik yang bocor dan menyebabkan aki soak.
  3. Mengisi bensin dalam kondisi penuh, atau menguras tangki sampai benar-benar kosong dan bersih. Hal ini untuk menghindari terjadinya karat pada tangki.
  4. Gunakan standar ganda untuk mendirikan motor dan berikan alas pada ban agar tidak menempel langsung ke lantai, untuk menghindari ban kempes atau bocor.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya