Panduan Jitu Merawat Motor Agar 'Panjang Umur'

Pengendara sepeda motor mengisi bahan bakar
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Sepeda motor menjadi salah satu alat transportasi utama bagi masyarakat Indonesia. Adanya pilihan motor bebek, motor matik dan motor sport semakin membuat kendaraan roda dua begitu sulit dibendung untuk menjadi alat transportasi favorit.

Kotak di Mobil Ini Sering Dianggap Remeh, padahal Fungsinya Penting

Terlebih dengan kemampuan motor yang dapat menerobos kemacetan dan lebih fleksibel untuk jalanan kota yang penuh kemacetan. Namun, saat Anda menggunakan motor perhatikan perawatannya, jangan sampai performa motor menurun akibat tidak merawat mesinnya.

Untuk menjaga agar performa sepeda motor matik tetap terjaga, Anda perlu merawatnya secara rutin. Salah satu Mekanik Eka Jaya Motor yang terletak di daerah Jakarta Barat, Zainal mengatakan, perawatan motor sangat dibutuhkan agar mesin dapat terjaga dan memiliki umur yang panjang.

Cek 7 Komponen Ini Setelah Mobil Dipaksa Kerja Keras saat Mudik Lebaran

“Motor itu tentu saja memiliki umur, kalau ditanya umur berapa, tentu tergantung dari perawatan pemilik kendaraan. Apabila pemilik merawatnya dengan baik, motor akan memiliki umur yang panjang, tapi kalau tidak dirawat dengan baik tentu saja akan rusak sebelum waktunya,” katanya kepada VIVA.co.id, Rabu 8 Juni 2016.

Untuk merawat mesin motor agar lebih tahan lama dan tetap terjaga performanya, Zainal memberikan tiga hal mudah yang harus rutin dilakukan:

Waspada, Ini Tanda-tanda Ban Mobil Mau Pecah!

- Pergantian oli secara teratur.

Oli motor memiliki peran sangat penting untuk proses pembakaran pada mesin motor. Namun pemilik kendaraan biasanya malas untuk mengganti oli secara rutin. Akan lebih baik apabila ada mengganti secara rutin oli motor setiap satu bulan sekali.

- Menggunakan onderdil asli

Para pemilik kendaraan saat ini gemar mengganti onderdil kendaraannya dengan onderdil yang dapat membuat motor lebih terlihat keren. Hal tersebut dapat membuat motor bekerja tidak optimal, terlebih onderdil yang digunakan adalah onderdil imitasi.

- Menggunakan bahan bakar di SPBU

Sebaiknya motor mengisi bahan bakar di SPBU langsung, hal tersebut untuk menghindari pemalsuan dan pengoplosan bahan bakar. Akan lebih baik lagi apabila menggunakan bahan bakar berkualitas baik sehingga pembakaran yang dihasilkan lebih sempurna.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya