Volvo 850, Mobil Pertama yang Dibekali Airbag Samping

Volvo 850.
Sumber :
  • Dok: Volvo

VIVA.co.id – Kiprah Volvo dalam merancang sistem keselamatan untuk mobil memang sudah berlangsung sejak lama. Nama perusahaan asal Gothenburg, Swedia, itu kerap disejajarkan dengan Mercedes-Benz dalam hal inovasi perlindungan penumpang.

Foto Modifikasi Keren, Harley-Davidson Bergaya Yakuza

Dilansir dari laman resmi Volvo, Rabu 8 Juni 2016, hari ini mereka merayakan ulang tahun dari salah satu model spesial yang dibuat pertama kali pada 25 tahun lalu, yakni seri 850.

Berbeda dengan kebanyakan mobil pada zaman itu, Volvo sengaja menerapkan desain kotak khas mereka pada 850. Meski demikian, seri tersebut mengusung banyak perubahan, mulai dari posisi mesin hingga fitur keselamatan.

Komunitas Mobil Ini Hanya Ada di 5 Negara, Termasuk RI

850 adalah mobil Volvo pertama yang posisi mesinnya dirancang melintang dari kiri ke kanan. Dessain ini sengaja dipilih, karena untuk pertama kalinya, Volvo menerapkan penggerak depan pada mobil buatan mereka.

Tidak seperti mobil-mobil buatan perusahaan lain, 850 mengusung mesin dengan lima silinder. Menurut pihak Volvo, hal ini dilakukan untuk mendapatkan tenaga seperti mesin enam silinder, namun konsumsi bahan bakarnya setara dengan mesin empat silinder.

Ingin Beli Mobil Honda? Ini Daftar Mobil Paling Larisnya

Untuk keselamatan penumpang, Volvo menambahkan dua fitur baru. Yang pertama adalah intergrated Side Impact Protection System (SIPS). Pada dasarnya, fitur ini akan melindungi penumpang saat terjadi tabrakan dari sisi samping.

Masih berkaitan dengan sisi samping kendaraan, Volvo juga menambah fitur baru lainnya, yakni kantung udara (airbag) samping. Untuk hal ini, 850 menjadi mobil pertama yang memakai fitur tersebut.

Terjual sebanyak lebih dari 1,3 juta unit sejak 1991 hingga 1996, 850 versi station wagon juga pernah dijadikan sebagai mobil balap dalam ajang British Touring Car Championship (BTCC). Ini adalah pertama kalinya ada mobil station wagon digunakan untuk balap.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya