Bedah Honda Jazz Guna Sabet Gelar Jawara Slalom

Honda Jazz keluaran 2013
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA.co.id – Beda kelas beda rasa, spesifikasi mobil kelas slalom dan drifting tentu berbeda. Banyak orang menganggap kedua olahraga ini sama, yakni sama-sama mengandalkan tarikan rem tangan (hand brake).

Truk Molen Mejeng di Pameran Modifikasi, Kok Bisa?

Namun sejatinya, slalom itu adalah mobil kecil dengan penggerak roda depan yang tetap mengandalkan mesin standar untuk meliuk-liuk di atas aspal. Sedangkan mobil untuk balap drifting tentu harus mengalami banyak perombakan dari versi standarnya.

Contoh mobil slalom kali ini hadir dari Honda Jazz RS kelahiran 2013. Mobil ini masih mengandalkan mesin standar L15 berkapasitas 1.5 liter. Mario Claudio sebagai pemilik menuturkan, mobil ini memang masih mengandalkan mesin standar, hanya menggunakan down pipe HKS. Jadi tenaga yang dihasilkan 155,9 Hp dan torsi 182,6 Nm.

Ada yang Beda dari Kontes Modifikasi IAM 2019

Meskipun dirinya seorang drifter, namun ia sudah mempercayakan Valentino Ratulangi menunggangi hatchback miliknya untuk ajang slalom.

Sementara, Valent menjelaskan, bahwa dirinya baru pertama kali mengendalikan Jazz ini dan langsung menyabet  juara umum nasional slalom kelas A di Yogyakarta dalam ajang Kejurnas Slalom GT-Radial beberapa pekan lalu.

Juragan Pempek Jadi Juara Modifikasi Black Auto Battle 2018

“Mobil ini sebenarnya baru pertama kali saya pegang, karena slalom tahun ini kan mulainya bulan Maret, tapi puji syukur, baru pertama kali pegang nih mobil, saya mendapatkan juara satu umum nasional kelas  hatchback 1.500 cc,” jelas pria asal Manado ini.

Pria yang juga pengusaha kopi ini menambahkan, dirinya bangga memiliki teman yang yakin akan kemampuannya saat ini. Menurutnya, Jazz ini sangat nyaman digunakan dengan kaki-kaki yang sudah sangat mumpuni.

“Untuk menjaga kestabilan, suspensi cukup menggunakan Aragosta 1 way, saat belok ke kiri dan ke kanan tetap stabil gejala limbung pun minim. Juga dengan velg yang tetap mengandalkan ukuran standar berdiamater 15 inci,” jelas dia.

Data modifikasi

Headlamp : Projector HID Autovision

Velg depan : R15 Advance RS

Velg belakang : R15 Enkei Rpf 1

Rem tangan : Hidroulik Custom

Suspensi : Aragosta 1 way

Muffler : HKS

Down pipe : HKS

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya