Mengapa Sigra dan Calya Baru Meluncur Tahun Ini?

Mobil konsep Daihatsu UFC-3 yang jadi basis Sigra.
Sumber :
  • Rendra Saputra/ VIVAnews

VIVA.co.id – Daihatsu dan Toyota kembali berkolaborasi untuk menghadirkan produk terbaru, Daihatsu Sigra dan Toyota Calya. Si kembar paling anyar yang akan diluncurkan Agustus 2016 mendatang ini akan mengusung kapasitas tujuh penumpang, dan kerap disebut sebagai adik Xenia dan Avanza.

Mau Beli Mobil LCGC Terfavorit, Ini Daftarnya

Namun, timbul pertanyaan, mengapa Daihatsu maupun Toyota baru kali ini meluncurkan Sigra dan Calya di Tanah Air? Padahal, masyarakat Indonesia dikenal menyukai mobil dengan kapasitas luas, seperti Multi Purpose Vehicle (MPV), sudah sejak lama.

Menurut seorang sumber internal Daihatsu yang tak ingin disebutkan namanya, masalah menghadirkan adik Xenia yang masih tergolong mobil  murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) itu hanyalah persoalan marketing.

Mobil Terlaris Daihatsu bukan MPV atau SUV

Lagian, peraturan LCGC kan awalnya kita enggak tahu seperti apa. Kita cari produk yang pasti masuk kategori, seperti fuel consumption 20 kilometer per liter. Itu tidak gampang,” ujar sumber tersebut, Kamis 9 Juni 2016.

Karena adik Xenia ini LCGC, kata dia, tentu beberapa hal lain yang dipelajari, sebelum benar-benar meluncur. Seperti harus mengikuti harga dasar, komponen lokal dan lainnya.

Pesaing Datsun Go+ Dites Jalan, Harga Murah Banget

“Di peraturan LCGC ada nilai inflasi dari pemerintah. Kan parameternya Bank Indonesia juga ikut tentukan. LCGC harus mengikuti peraturan pemerintah,” ujarnya.

Kendati demikian, ia tak menampik, Indonesia tetap menjadi pasar MPV paling besar, terutama sejak diluncurkannya Xenia dan Avanza.

Ilustrasi pembelian mobil

Harga Mobil Baru Toyota per Mei 2020, Calya Naik Rp1 Juta

Daftar kenaikan harga mobil baru Toyota Mei 2020.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2020