Status Wuling Ikut GIIAS 2016 Masih Belum Pasti

Mobil MPV Wuling.
Sumber :
  • Youtube

VIVA.co.id – Pameran otomotif terbesar di Indonesia, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, yang akan dihelat di ICE, BSD, Tangerang, 11-21 Agustus mendatang, bakal diikuti 32 merek otomotif.

Terpopuler: 10 Mobil Listrik Terlaris, Kendaraan Ini Bikin Indonesia Jadi Sorotan

Selain merek asal Jepang, Eropa, dan Amerika Serikat, ajang GIIAS 2016 juga bakal dimanfaatkan perusahaan otomotif asal Tiongkok, yakni Wuling, untuk melakoni debutnya di Indonesia.

Namun ternyata, hingga saat ini, status Wuling belum menjadi anggota Gaikindo, yang merupakan wadah bagi para pengusaha otomotif di Indonesia.

Ini yang Bikin Wuling BinguoEV Jadi Sorotan di Indonesia

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi menyatakan, untuk bisa meramaikan GIIAS, setiap Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) harus menjadi anggota Gaikindo.

“Belum jadi anggota (Wuling). Sampai kemarin (Rabu 8 Juni 2016) belum jadi anggota,” ucap Yohannes, Kamis 9 Juni 2016.

Terpopuler: Bengkel Hino Terima Uji KIR, Canter Bus Jadi Andalan Mitsubishi Fuso

Yohannes mengaku, untuk jadi anggota Gaikindo, setidaknya ATPM harus melengkapi syarat-syarat administrasi dan mendapatkan surat izin dari pemerintah.

Setelah surat izin dari pemerintah keluar, maka surat tersebut harus didaftarkan ke Gaikindo, serta membayar uang pangkal.

“Saat ini, Wuling masih menunggu satu persyaratan, yang katanya belum selesai. Saya dengar, mereka ada satu surat lagi. Surat apa itu, tidak tahu. Itu dari pemerintah, belum beres,” katanya.

Meski demikian, Yohannes mengaku, Wuling sudah meminta agar bisa ikut di GIIAS 2016, menemani 31 merek otomotif lainnya. Karena, Wuling memprediksi syarat dan izinnya bisa diselesaikan bulan ini.

“Jadi, sekarang sudah disiapkan. Kalau enggak beres, ya sudah,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya