Menu Wajib Servis Mobil Sebelum Mudik Lebaran

Nissan Spare Parts Center.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Menyambut hari raya Idul Fitri, semua orang nantinya akan berbondong-bondong menuju kampung halaman atau yang biasa disebut mudik. Untuk menyiasatinya, mobil pribadi kerap menjadi moda transportasi yang digunakan.

Waspada, Ini Tanda-tanda Ban Mobil Mau Pecah!

Sebelum Anda menggunakan mobil pribadi sebagai kendaraan saat mudik, perhatikan dulu beberapa langkah-langkah berikut ini. Sebab, perawatan menjadi menu wajib agar saat menempuh perjalanan jauh tidak terjadi apa-apa.

Menurut Sugandi, kepala bengkel resmi Nissan, kalau mobil tersebut masih melakukan perawatan berkala tinggal lanjutkan saja. Tapi, kalau perawatan berkalanya bolong-bolong dipastikan melakukan general check up, agar ketahuan apa saja yang bermasalah.

Bahaya Microsleep yang Menghantui Para Pengendara dan Penyebab Kecelakaan, Ini Gejalanya

General check up yang dimaksud adalah overall memeriksa semuanya, mulai dari mesin, sasis, elektrikal, karet-karet, kaki-kaki,” ujar Sugandi, saat dihubungi VIVA.co.id, Kamis 9 Juni 2016.

Yang menjadi menu wajib tetap pada sektor mesin. “Kalau kaki-kaki saja yang sedikit bermasalah masih bisa jalan, coba kalau mesin, enggak bisa jalan kan. Yang wajib diperiksa pertama sistem pendinginan mulai dari radiator, pipa-pipa, motor fan, coolant,” ujarnya.

Belajar dari Kecelakaan Bus Rosalia Indah yang Tewaskan 7 Orang karena Sopir Ngantuk

Karena, acap kali perjalanan jarak jauh mesin mengalami overheat jika sistem pendinginnya tidak bekerja dengan baik. “Jadi, bukan sekadar memeriksa cairannya, tapi sistem radiatornya juga diperiksa,” tuturnya.

VIVA Otomotif: THS-Auto2000 Home Service

Cek 7 Komponen Ini Setelah Mobil Dipaksa Kerja Keras saat Mudik Lebaran

Setelah melakukan perjalanan mudik, wajib bagi para pemilik kendaraan mobil untuk melakukan pengecekan. Setidaknya ada 7 komponen mobil yang wajib dicek agar aman lagi.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024