Menanti Kehadiran Mobil Nasional di Pameran GIIAS

Mobil Esemka
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq

VIVA.co.id – Pameran otomotif Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 bakal dimeriahkan 32 merek kendaraan, baik jenis passenger (penumpang) maupun komersial (niaga), serta sepeda motor.

Top Otomotif: Mobil Nasional Pesaing Toyota Innova, Cewek Naik Yamaha R15 Dicari Warganet

Namun, dari sekian banyak merek otomotif yang bakal hadir di gedung ICE, BSD, Tangerang, 11-21 Agustus 2016, tak ada merek mobil nasional.

Lantas, apakah Gaikindo selaku yang punya hajat, tidak mengundang perusahaan mobil nasional?

Mobil Nasional Pesaing Toyota Innova Disuntik Mati

Hal itu dibantah Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi. Menurut dia, selain mengajak merek Jepang, Korea, Eropa, Amerika Serikat, dan Tiongkok, panitia GIIAS 2016 juga memberi kesempatan kepada semua merek mobil nasional.

“Kami undang. Ada beberapa merek. Tapi, sampai sekarang belum ada yang konfirmasi,” ungkap Yohannes, Kamis 9 Juni 2016.

Mobnas Vietnam Ingin Bikin Mobil di Indonesia, Ada Tapinya

Yohannes juga menyatakan, Gaikindo telah mengundang Esemka untuk turut dalam acara otomotif tahunan tersebut. Hanya saja, dia belum mengetahui jawaban langsung maupun tertulis dari pihak yang bersangkutan.

Dengan menggunakan tambahan lahan pameran seluas 5.000 meter persegi, GIIAS 2016 kini dimeriahkan 32 merek kendaraan, yang terdiri atas 26 merek kendaraan penumpang, yakni Audi, BMW, Chevrolet, Datsun, Daihatsu, Dodge, Fiat, Honda, Hyundai, Isuzu, Jaguar, Jeep, KIA, dan Land Rover.

Selain itu, ada Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Tata Motors, Toyota, VW, dan Wuling.

Tak hanya itu, GIIAS 2016 diketahui kembali menghadirkan enam merek kendaraan komersial, yang terdiri atas FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, dan UD Truck.

Pameran yang akan berlangsung 11 hari tersebut, juga bakal diikuti beberapa produsen kendaraan roda dua, antara lain Honda, Suzuki, Kawasaki, Ducati, dan Royal Enfield.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya