Esemka Bisa Jadi Produsen Otomotif Lokal Pertama di Gaikindo

Mobil Esemka
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq

VIVA.co.id – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) saat ini memang dikenal menjadi wadah bagi sejumlah merek otomotif di pasar nasional. Namun, meski di Indonesia, tak ada merek otomotif lokal yang turut di dalamnya.

Mobil Esemka Garuda 1 Jadi Pajero Sport Versi Murah?

Hal ini pula yang membuat tanda tanya. Bisakah merek mobil nasional ikut dalam Gaikindo. Langkah ini pun disebut akan dimanfaatkan PT Adiperkasa Citra Esemka Hero dengan merek mobil Esemka yang dikabarkan kepincut untuk tergabung dengan Gaikindo.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi menyambut itu. Sebab, lanjut Yohannes, salah satu syarat ikut dalam Gaikindo tak lain memiliki surat izin yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Wujud Mobil Esemka Bermesin 2.000cc Bocor, Namanya Digdaya

“Jadi sebagai perusahaan harus punya surat izin dari departement terkait, termasuk surat-surat sudah terpenuhi tinggal daftar ke kami (Gaikindo),” jelas Yohannes, Kamis 9 Juni 2016.

Gaikindo, kata Yohannes, tidak pernah memilih-milih dalam keanggotaan. Sebab, menurutnya, misi Gaikindo tidak akan tergantung dari sebuah merek, Negara dan grup tertentu. “Tapi misi kita adalah memajukan industri otomotif Indonesia,” tuturnya.

Esemka Juga Kantongi Izin Produksi Mobil Penumpang
Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo meninjau rumah karantina eks pabrik Esemka

Nekat Mudik, Tiga Pemuda Ini Dikarantina di Eks Pabrik Esemka

Pemudik yang nekat pulang ke Solo tanpa membawa keterangan bebas COVID-19 akan dikarantina di eks pabrik Esemka.

img_title
VIVA.co.id
29 Desember 2020