Pentingnya Memeriksa Komponen-komponen Kecil di Mobil

Kampanye keselamatan
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVAcoid

VIVA.co.id – Produk penyedia komponen kendaraan asal Jerman, Bosch, mengklaim, salah satu faktor kecelakaan yang terus tumbuh di Indonesia saat arus mudik berlangsung adalah karena penggunaan komponen yang tidak tepat.

Cuma Rp170 Ribu, Apa Sih Kelebihan dari Kampas Rem Bosch?

"Pengemudi juga kerap meremehkan bagian-bagian terkecil pada kendaraan, yang justru dapat menciptakan perbedaan, terkait kelayakan berkendara," ujar Marketing Manager Bosch Automotive Aftermarket Indonesia, Griselda Iwandi, Kamis 9 Juni 2016.

Sementara itu, perwakilan dari bengkel Bosch Car Service (BCS), Etmon Tanuwijaya menjelaskan, berbicara soal keamanan saat menempuh perjalanan jarak jauh, sistem rem, pendinginan dan perangkat elektronik tidak boleh luput dari pemeriksaan.

Bukan Cuma Bau, Ini Bahaya Jarang Ganti Filter Kabin Mobil

Etmon menjelaskan, pendingin kabin bisa menjadi salah satu komponen yang pertama diperiksa.

"Fungsi dan optimal kerjanya kan berhubungan dengan mesin. Serta ini sebagai salah satu komponen yang buat kita nyaman saat di dalam mobil," ujar Etmon.

Sistem Ini Bikin Bengkel Umum Naik Kelas

Bukan hanya itu, perangkat kecil seperti colokan lighter juga harus diperhatikan.

Lighter itu kalau kita enggak periksa, saat kita dalam keadaan darurat, pasti membutuhkan alat komunikasi. Lighter kan bisa digunakan untuk mengecas handphone, GPS dan lain-lain yang berhubungan soal pengisian listrik," jelasnya.

Wiper mobil. Foto ilustrasi.

3 Indikator Wiper Mobil Perlu Diganti

Wiper atau penghapus kaca mobil sangat penting peranannya, terutama saat musim hujan seperti yang sedang melanda Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
7 November 2021