Semburan AC Mobil Mengarah ke Wajah Ternyata Bahaya

AC mobil (Ilustrasi).
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Mengendarai mobil saat kondisi tubuh lemas karena berpuasa tentu akan mengganggu konsentrasi. Nah, kali ini pembalap cantik Alexandra Asmasoebroto memberikan tips sederhana bagi Anda yang harus menyetir mobil saat tengah menjalankan puasa.

Belajar dari Kecelakaan Bus Rosalia Indah yang Tewaskan 7 Orang karena Sopir Ngantuk

Ya, tubuh lemas dan mengantuk menjadi dua kondisi yang sering dirasakan mereka yang menjalankan ibadah puasa. Hal itu semakin diperparah dengan dehidrasi yang dirasakan.Belum lagi ketika sedang macet dan panas saat berkendara tentu menambah stres.

Menurut Alexandra, sebenarnya menyetir mobil tak terlalu dipengaruhi puasa. Ia menilai dalam berkendara yang terpenting adalah posisi menyetir.

Mobil Bermasalah atau Ada Kondisi Darurat saat Melewati Jalur Contraflow, Menepi ke Mana?

"Bukan lemas karena puasanya, itu dari diri kitanya. Kalau untuk puasa sendiri apapun itu yang penting aman dalam berkendara. Yang paling dasar dimulai dari kita dulu. Itu ada aturanya loh, tangan dan setir itu posisi yang bagus seperti apa," kata Alexa di Jakarta.

Selain itu, ia menjelaskan, kadang memang ada beberapa orang yang sedang puasa, diserang rasa lemas dan kepanasan dan tanpa berpikir panjang langsung mengarahkan langsung semburan Air Conditioner (AC) ke muka. Hal itu rupanya sangat berbahaya.

Contraflow Jadi Rekayasa Lalu Lintas Paling Berbahaya, Pakar: Jalur yang Mematikan

"Kalau misalnya AC disemprot kemuka akan tambah haus, selain itu juga mengganggu konsentrasi. Kalau bisa senyaman mungkinlah dalam berkendara. Walaupun puasa lemas, harus dijaga konsentrasinya," kata wanita yang akrab dipanggil Alexa itu.

Ia menambahkan, agar pengendara mobil tidak memaksakan untuk menyetir apabila sedang dalam keadaan mengantuk atau kecapekan. "Kalau capek ya istirahat, jangan dipaksain untuk berkendara terus supaya bisa buka puasa di rumah. Nanti ujungnya malah bahaya," kata Alexa.

Rasa berkendara Ioniq 6

Bahaya Microsleep yang Menghantui Para Pengendara dan Penyebab Kecelakaan, Ini Gejalanya

Microsleep menjadi salah satu ancaman nyata bagi para pengendara di jalanan, parahnya bisa berujung kecelakaan. Kenali gejala dan penyebabnya agar aman saat berkendara.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024