Kapan Sebenarnya Waktu yang Tepat Ganti Kampas Rem?

Mengganti kampas rem motor.
Sumber :
  • http://edorusyanto.wordpress.com

VIVA.co.id – Rem merupakan bagian yang sangat vital pada sebuah kendaraan. Ya, sebuah piranti untuk mengontrol laju kendaraan. Dan banyak kecelakaan terjadi di jalan raya disebabkan rem blong atau rem yang tak lagi pakem.

Waspada, Ini Tanda-tanda Ban Mobil Mau Pecah!

Karena itu, sebaiknya pengendara lebih meluangkan waktu untuk memperhatikan kapan waktu yang tepat mengganti kampas rem. Yang jadi pertanyaan, kapan waktu yang tepat untuk mengganti kampas rem?

Menanggapi hal tersebut, Mekanik Eka Jaya Motor, Zainal menegaskan bila penggantian kampas rem tidak bisa diukur dari jangka waktu, namun lebih kepada pemakaian motor.

Bahaya Microsleep yang Menghantui Para Pengendara dan Penyebab Kecelakaan, Ini Gejalanya

"Penggantian kampas rem itu tidak dapat ditentukan dengan lama waktunya tetapi bergantung dari pemakaian. Kalau jalan macet akan lebih boros, jadi kalau sedang melakukan servis lebih baik ditanyakan, atau pengendara dapat merasakan kondisi rem saat berkendara," katanya saat ditemui di bengkelnya yang terletak di Jakarta Barat.

Meski tak bisa diukur dari jangka waktu, Zainal menegaskan, pemilik kendaraan harus lebih peka untuk selalu memperhatikan kondisi kendaraannya.  Hal itu dikarenakan kampas dan pad set dapat mengeras.

Belajar dari Kecelakaan Bus Rosalia Indah yang Tewaskan 7 Orang karena Sopir Ngantuk

"Kampas rem itu bisa mengeras, apabila masih tebal tetapi kanvas rem atau pad setnya sudah  keras tetap saja pemilik kendaraan harus melakukan penggantian," kata Zainal.

VIVA Otomotif: THS-Auto2000 Home Service

Cek 7 Komponen Ini Setelah Mobil Dipaksa Kerja Keras saat Mudik Lebaran

Setelah melakukan perjalanan mudik, wajib bagi para pemilik kendaraan mobil untuk melakukan pengecekan. Setidaknya ada 7 komponen mobil yang wajib dicek agar aman lagi.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024