Fenomena Driver Gojek Nakal Main 'Dua Kaki'

Pengendara Gojek. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rizki Aulia Rachman

VIVA.co.id – Ada saja cara yang dilakukan orang untuk mendapatkan penghasilan berlipat. Termasuk driver Gojek nakal yang bermain 'dua kaki'. Selain menjadi driver Gojek, mereka juga terdaftar sebagai driver ojek online lain seperti Grabbike.

Puluhan Ribu Pengemudi GrabBike Bisa Hilang Pekerjaan Karena Hal Ini

Aksi nakal main 'dua kaki' ini banyak terjadi. Dengan memiliki dua status ini, tentu penghasilan mereka akan bertambah. Padahal mereka menyadari aksinya itu tentu berpotensi mendapat sanksi atau hukuman, dan terparah bisa dikeluarkan.

Lalu bagaimana cara mereka mengeruk keuntungan dengan memiliki dua aplikasi ojek online itu? Menurut salah seorang driver Gojek yang enggan disebutkan namanya, ia mengaku juga terdaftar sebagai driver Grabbike.

Grab Alami Gangguan

"Saya sendiri narik pakai aplikasi Grabbike. Sedangkan aplikasi Gojeknya saya berikan ke teman dengan sistem bagi hasil 60:40. Jadi dari hasil withdraw atau penarikan dana deposit yang diperoleh dia, saya dapat 40 persen," katanya kepada VIVA.co.id, Jumat 10 Juni 2016.

Masih menurut sang sumber, meski cara ini sebenarnya diharamkan perusahaan, namun dengan main dua kaki ini dianggap sangat menguntungkan. Terlebih saat ini, banyak pelanggan yang tak terlalu mempedulikan hal tersebut.

Layanan GoRide dan GrabBike Bisa Diakses Kembali

"Ya, konsumen kebanyakan tak masalah meski driver dan kendaraan yang digunakan tak sesuai dengan data dalam aplikasi pemesanan," katanya.

Terkait dengan ancaman sanksi dari perusahaan, para driver ojek online yang main ‘dua kaki' ini sebenarnya menyadari. "Ya kalau ketahuan pasti kena sanksi. Bisa dibekukan bahkan dikeluarkan. Tapi pintar-pintar kitalah," katanya.

Ilustrasi driver grab Indonesia bersatu.

Aksi Peduli, Ribuan Driver Grab Indonesia Gelar Doa Bersama untuk Palestina

Dalam video yang viral tersebut, ribuan driver Grab sukses mengubah Kota Makassar menjadi lautan hijau sebagai bentuk dukungan serta solidaritas terhadap warga Palestina.

img_title
VIVA.co.id
21 November 2023