Penjualan Terus Merosot, Toyota Bakal 'Kubur' Etios Valco?

Toyota Etios Valco
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Tiga tahun sudah sejak kehadiran segmen mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) di 2013, penjualan mobil perkotaan yang mengusung mesin di atas 1.200cc setiap tahunnya terus mengalami penyusutan.

Kemudahan Beli Mobil di Platform Online, Banyak Promo Menarik

Bahkan kabar terbaru, salah satu mobil perkotaan yang siap hengkang dari peredaran yaitu Suzuki Splash. Dan beberapa merek mobil lainnya masih terseok-seok di kelas citycar.

Lantas bagaimana dengan Toyota, perusahaan mobil asal Jepang ini juga memiliki segmen citycar, Etios Valco, yang waktu peluncuran di Tanah Air  tak lama sebelum lahirnya LCGC di 2013 silam.

Terpopuler: Mobil Irit BBM di Bawah Rp100 Juta, Pajero Sport Baru Sudah di Diler

Menanggapi hal tersebut, Wakil Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono mengaku hingga saat ini masih terus memproduksi hatchback tersebut di pabrik kedua TMMIN di kawasan perindustrian Karawang, Jawa Barat.

“Saat ini produksi Etios 500 unit per bulan. Sebelum LCGC enggak banyak juga paling cuma 1.000 unit,” jelas Warih saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta, Jumat 10 Juni 2016.

Hybrid Car Incentive Can Be Beneficial for Consumers, Toyota Says

Menurut Warih, naik turun dalam sebuah produksi kendaraan merupakan hal yang biasa. Karena selama masih ada permintaan pasar, Etios Valco akan terus diproduksi tanpa gangguan model baru seperti kelahiran Toyota Sienta.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto yang mengaku penjualan Etios Valco saat ini masih bertahan diangka 375-400 unit per bulan.

Henry pun mengaku, meski penjualan Etios Valco tak sebesar model hatchback lain seperti Yaris dan Agya, namun Toyota tetap akan mempertahankan Etios Valco. Bahkan, kata Henry, tidak menutup kemungkinan jika Etios Valco akan berganti baju.

“Semua model kita review, ada masukan bagaimana dari customernya dan opportunity-nya agar kendaraan kita ini di upgrade. Rencana-rencana itu sangat biasa dan kita sering mereview,” tuturnya.

Jika dilihat dari data penjualan wholesales (pabrik ke diler) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, selama kuartal pertama di 2016 penjualan citycar hanya tembus 7.300 unit. Sedangkan di periode yang sama 2015, citycar tembus di angka 14.073 unit.

Untuk Toyota Etios Valco sendiri, selama Januari-April 2016 tercatat hanya laku 1.646 unit, sementara di periode yang sama di 2015 mobil tersebut mencapai 2.898 unit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya