Tips Ampuh Cegah Lecet Bodi Mobil

Goresan body mobil. Ilustrasi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA.co.id – Meski berstatus mobil baru, seringkali ditemukan kasus lecet pada bagian bodi. Hal itu terjadi karena perawatan yang minim dan kurangnya kehati-hatian sehingga mudah tergores. Padahal, bagian handle pintu merupakan salah satu titik yang memerlukan perawatan yang lebih jeli. Terlebih, mobil produksi saat ini dianggap banyak pihak lebih tipis lapisan catnya.

Benarkah Motor Injeksi Tak Perlu Lagi Dipanaskan?

Menurut Gilang Budiman, penggawa 3FU Auto Care --salon perawatan mobil--, kalau diperhatikan memang mobil baru memiliki lapisan cat yang lebih tipis dan mudah tergores. Bahkan hanya dengan tergores kuku, mobil bisa baret.

Untuk mencegah hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan coating pada lapisan cat mobil. Ongkos perawatannya bervariasi, mulai dari Rp3 jutaan, tergantung dari paket ukuran mobil.

Tips Mudah Usir Embun di Kaca Mobil, Cukup Pakai Sampo

“Kalau di sini kita kasih harga yang masih wajar, untuk Low MPV Rp3,75 juta, City Car Rp3,25 juta. Sementara untuk SUV Rp5,25 juta, sedan sport Rp4,25 juta,” kata Gilang di 3FU Auto Care, Pondok Indah, Jakarta Selatan, saat ditemui VIVA.co.id, Sabtu, 11 Juni 2016.

Pria yang juga tergabung dalam komunitas Eurocar ini mengklaim, produk coating yang digunakan memiliki jenis Nano Ceramic 9H+. Produk ini adalah permanen Coating Cat Nano-Ceramic yang memiliki fitur finish High Gloss, Superhydrophobic Effect, serta Scratch Resistance.

Kebiasaan Pemotor yang Bikin Sakit Leher dan Pundak

Menurutnya, cairan kimia tersebut dapat menjadi daya tahan cat dari terpaan bahan kimia, melawan dari sinar ultraviolet yang berlebihan. Sementara, untuk proses pengerjaannya, memakan waktu 6-10 jam.

Sebaiknya mobil yang habis di-coating jangan digunakan selama dua hari, agar obat coating semakin menempel di lapisan cat. “Karena prosesnya cukup lama, kami menerima panggilan ke rumah, dan kami memberikan garansi hingga dua tahun.”

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya