Ramadan, Penjualan Mobil Bekas di Yogya Meningkat

Penjualan mobil bekas di Yogya
Sumber :

VIVA.co.id – Satu pekan memasuki bulan Ramadan penjualan mobil bekas di Otobursa TVRI Yogya, Jalan Magelang mengalami peningkatan. 

Membandingkan Harga CR-V, Fortuner dan Pajero Sport Bekas

Penanggung Jawab Komunikasi dan Publikasi Otobursa TVRI Harwoto mengatakan pada hari biasa mobil yang ditawarkan di Otobursa TVRI Yogya dalam kisaran 1.000 unit mobil namun saat ini sekitar 1.200 mobil.

"Itu baru mobil yang dipajang di dalam area Otobursa TVRI Yogya, belum yang berada di jalan Magelang tepatnya di depan halaman TVRI Yogya," kata dia, Minggu 12 Juni 2016.

Terkuak, Taktik Culas Pedagang Mobil Bekas Jual Xpander

Menurutnya untuk tingkat penjualan mobil jika pada hari biasa hanya laku sekitar 80 hingga 100 unit mobil namun saat awal Ramadan ini ada sekitar 300 unit mobil yang terjual.

"Rata-rata penjualan mobil ini mengalami peningkatan sekitar 30 persen hingga 35 persen," ujarnya.

Mobil Keluarga Rp150 Jutaan Jadi Incaran Jelang Lebaran

Meningkatnya penjualan mobil bekas ini juga dibarengi jumlah unit yang ada yang disiapkan oleh para pedagang mobil yang setiap minggu menawarkan mobilnya kepada calon konsumen di Otobursa TVRI Yogya.

"Saat ini mobil yang diincar oleh pembeli adalah mobil keluarga sedangkan mobil jenis sedan, niaga dan mobil lainnya kurang dilirik konsumen," tuturnya.

Dilihat dari harga yang paling banyak dibeli adalah mobil keluarga dengan tujuh tempat duduk dengan harga kisaran Rp100 juta hingga Rp200 juta.

"Mobil keluarga tahun 2010 ke atas sudah bisa dibawa pulang dengan kisaran harga Rp100 juta hingga Rp200 juta," kata dia. 

Harwoto menjelaskan tak hanya mobil bekas, di Otobursa TVRI Yogya ini juga menyediakan mobil baru baik mobil LGCC atau mobil non LGCC.

"Kita juga menyediakan fasilitas jasa keuangan jika akan membeli secara kredit. Pembayaran langsung juga bisa langsung melakukan penawaran kepada pemilik mobil," ujar Harwoto.

Diakuinya ‘booming’ Otobursa TVRI Yogya terjadi mulai tahun 2001 hingga 2011 kemudian menurun hingga tahun 2016 ini. 

Hal ini banyak disebabkan berbagai faktor di antaranya munculnya mobil murah dan ada anggapan membeli mobil di Otobursa TVRI lebih mahal dibandingkan membeli langsung di makelar atau dealer mobil bekas.

"Makanya kalau banyak yang datang ke Otobursa TVRI Yogya mereka belum tentu membeli namun ada yang mencari referensi harga atau sekadar berwisata melihat mobil-mobil yang ditawarkan," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya