Bahaya Motor Jika Sering Parkir Pakai Standar Samping

Memarkir motor dengan standar miring.
Sumber :
  • bengkelsepedamotor.com

VIVA.co.id – Salah satu keuntungan menggunakan motor sebagai transportasi sehari-hari adalah kemudahan yang ditawarkan. Tidak perlu membuka pintu, pengendara bisa langsung duduk di jok dan melaju.

Benarkah Motor Injeksi Tak Perlu Lagi Dipanaskan?

Saat hendak membuka pintu pagar, pengendara motor bisa melakukannya sembari duduk di atas jok. Dan, untuk urusan parkir, maka tidak ada yang lebih mudah, selain menggunakan motor.

Cukup mengarahkan motor ke tempat yang telah disediakan, pasang standar dan matikan kunci kontak, maka pengendara bisa melenggang pergi.

Tips Mudah Usir Embun di Kaca Mobil, Cukup Pakai Sampo

Berbicara soal parkir, apakah Anda tipe orang yang tidak mau repot dan memilih untuk memasang standar samping motor? Jika iya, sebaiknya ketahui dulu yang satu ini.

Dilansir dari Fdrtire, Selasa 14 Juni 2016, penggunaan standar samping sebenarnya tidak dianjurkan. Jika hal itu dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama, maka bagian ban sebelah kiri akan lebih cepat botak.

Foto Modifikasi Keren, Harley-Davidson Bergaya Yakuza

Hal ini terjadi, karena posisi parkir dengan standar samping membuat beban yang disangga shockbreaker menjadi tidak seimbang, sehingga shockbreaker cenderung miring ke satu sisi.

Ketika motor dikendarai, tekanan di ban sebelah kiri jadi lebih besar, sehingga sisi kiri ban menanggung beban yang lebih berat. Jadi, biasakan untuk parkir menggunakan standar ganda.

Selain standar samping, tekanan angin yang kurang juga bisa membuat ban lebih cepat habis komponnya. Hal ini, karena permukaan ban yang menyentuh aspal lebih banyak. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya