Suzuki Indonesia Siap Luncurkan Baleno Tanpa Buntut?

Suzuki Baleno hatchback
Sumber :
  • Worldcarfans

VIVA.co.id – Tahun ini sepertinya akan dimanfaatkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) --agen pemegang merek Suzuki di Tanah Air--, untuk menghadirkan sejumlah mobil barunya di Indonesia. Salah satu mobil yang kabarnya terus mencuat ingin dihadirkan, yakni sedan tanpa buntut Suzuki Baleno.

Suzuki Baleno Baru Meluncur, Harganya Lebih Murah dari Honda Brio

Seperti diketahui, Baleno selama ini dikenal sebagai sedan Suzuki yang telah lama melakoni debutnya. Dan kini, Suzuki Global kembali menghidupkan nama Baleno, yang hadir dengan berbagai evolusi. Termasuk bonet belakang yang dipangkas alias tanpa ekor, sehingga terlihat menjadi sosok hatchback, bukan lagi seperti sedan.

Baleno hatchback sendiri dikabarkan akan diluncurkan pada tahun ini di Indonesia. Mobil tersebut akan diimpor dari India. Kabar terbarunya, Baleno hatchback bahkan sudah terlihat wujudnya pertama kali dan sudah mendarat di Indonesia. Demikian dilansir Indianautosblog, Selasa, 14 Juni 2016.

Segera Hadir Mobil Rp120 Jutaan, Lebih Lega dari Honda Brio

Mobil ini disebutkan akan memulai peruntungannya di Indonesia dengan jadwal peluncuran akhir tahun ini. Suzuki Baleno hatchback untuk Indonesia kemungkinan akan ditawarkan dengan mesin 1.0L Boosterjet yang semuanya baru. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga 110 horse power dan torsi 170 newton meter.

Tidak jelas apakah PT Suzuki Indomobil Sales akan meluncurkan varian 1.2L VVT bensin yang kurang laris di pasar India, atau mesin 1.2L Dualjet dengan SHVS yang ditampilkan dalam Baleno spesifikasi Eropa.

Mobil Baru Rp130 Jutaan, dan Avanza Meluncur Turun Tangga

Spesifikasi

Baleno hatchback dengan varian teratas akan hadir dengan fitur gagang pintu berlapis krom dengan tombol keyless entry. Mobil itu akan dijejali pelek berukuran 16 inci, krom bar tebal dengan kamera parkir yang terintegrasi di belakang, dan spoiler atap.

Bicara dimensi, Baleno hatchback memiliki ukuran panjang 3.995 milimeter, tinggi 1.500 mm, lebar 1.745 mm lebar, dan wheelbase 2.520 mm. Di India, di mana mobil tersebut sudah diluncurkan, Baleno ditawarkan dengan perlengkapan Anti-lock Braking Sistem (ABS), EBD, dua airbag di bagian depan, lampu LED daytime running, lampu HID, kamera mundur, kontrol iklim otomatis, smart entry dengan push button start, layar sentuh sistem AVN tujuh-inci dengan Apple CarPlay, dan kontrol kemudi untuk audio dan telepon.

Pernyataan Suzuki Indonesia

Kabar yang disampaikan media India terlihat kontradiksi dengan apa yang disampaikan 4 Wheel Deputy Managing Director SIS, Davy J Tuilan baru-baru ini. Dia menyatakan jika pihaknya hingga kini masih belum bisa bersuara banyak seputar Baleno terbaru. Setidaknya, SIS saat ini memang tengah mempersiapkan tiga mobil anyar yang direncanakan bakal memasuki pasar Tanah Air.

Ketiga mobil tersebut yakni, Jimny terbaru, S-Cross, dan Baleno. Pekan lalu, Davy menyatakan Baleno bukan jadi prioritas SIS ke Tanah Air dalam waktu dekat. Sebab, sepertinya SIS lebih menggenjot Jimny terlebih dahulu untuk masuk ke Indonesia. "Begitu proses selesai, kami akan launch (Jimny). Enggak bisa saya share prosesnya," ungkap Davy, Rabu 1 Juni 2016.

"(Soal Baleno) Masih jauh lah. Kalau S-Cross sudah dekat. Sabar, saya belum bisa ngomong (Baleno)," kata Davy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya