Komunitas Mobil Ini Hanya Ada di 5 Negara, Termasuk RI

VANkulture Indonesia
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – VANkulture Indonesia (VK) merupakan komunitas pencinta modifikasi proper khusus mobil keluarga atau Multi Purpose Vehicle (MPV). Komunitas VK pertama kali lahir di California, Amerika Serikat, yang digagas oleh Paul Cotaco, penggila modifikasi minivan pada 2013.

Kijang Buaya akan 'Disiksa' 6.800 Km ke Timor Leste

Sementara, VK Indonesia secara resmi lahir pada 30 Januari 2016. Dan Indonesia menjadi satu dari hanya empat negara yang memiliki cabang komunitas VK. Tiga negara lainnya adalah Filipina, Jepang, dan Kanada.

“Saya memberanikan diri meminta lisensi dengan VK pusat di AS untuk membentuk VK Indonesia. Ternyata Paul Cotaco sebagai pimpinan pusat, menyetujui,” kata Josint, Founder VK Indonesia saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Komunitas Ini Akan Buktikan Calya Kuat Nanjak ke Dieng

“Ya, akhirnya saya dan Indra Yogashara yang sama-sama pencinta modifikasi proper mobil minivan dan dengan semangat yang sama, berhasil mendirikan klub ini pada 30 Januari 2016 kemarin di Taman Mini dan diakui secara internasional oleh VK Official di California,” katanya.

Secara garis besar, VK ini menjunjung tinggi setiap kegiatan dan modifikasinya yang melibatkan keluarga. Dengan slogan ‘pick up the children from school in style’ atau ‘go to shopping in style’. Pokoknya tetap membuat nyaman keluarga dengan gaya yang lebih modern.

Puluhan Lamborghini Geruduk Keraton Cirebon

Lalu, apa syaratnya untuk masuk VK Indonesia? “Yang pasti harus memiliki mobil minivan yang sudah dimodifikasi, dan tidak merusak fungsi utama sebagai mobil keluarga. Kita juga memiliki kategori tertentu sesuai arahan VK Official AS,” kata Josint.

Josint menegaskan bahwa harapan ke depannya akan terus berusaha membawa nama baik Indonesia di kalangan komunitas internasional. Baik dari segi modifikasi maupun komunitasnya. “Beberapa modifikasi kita juga sudah sering digarap oleh media Jepang dan Amerika,” ujarnya.

Dua mobil Toyota yang baru saja pulang dari Timor Leste.

5 Mobil Toyota Sukses Tempuh Perjalanan Lintas Negara

Jarak yang ditempuh sejauh delapan ribu kilometer.

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2018