9 Barang yang Wajib Dibawa Saat Mudik

Puncak arus mudik di Tol Pejagan-Pemalang yang belum jadi pada tahun lalu.
Sumber :
  • Antara/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id – Tidak terasa bahwa Idul Fitri sudah semakin dekat. Berbagai persiapan telah dilakukan, baik untuk menyambut keluarga di rumah, maupun untuk mudik. 

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Pada Lebaran 2015 silam, tercatat 11,36 juta orang menjalani ritual mudik. Tahun ini pun kemungkinan tak akan jauh beda dengan tahun sebelumnya.

Bagi para calon pemudik, harus siap mengantisipasi peningkatan jumlah pemudik yang berdampak pada padatnya lalu lintas, waktu tempuh, kenyamanan, serta keamanan sepanjang perjalanan mudik. Semakin lama waktu tempuh, tentu persiapan untuk mudik juga harus semakin cermat. 

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Berikut barang-barang yang sebaiknya dibawa untuk membuat perjalanan mudik semakin nyaman ala Mataharimall.com dalam keterangannya pada Rabu 15 Juni 2016:

1. Lebih simpel tanpa tunai

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Saat ini, sedang pemerintah dan Bank Indonesia sedang gencar menggalakkan transaksi non-tunai atau cashless. Kita pun dapat turut serta mendukung kampanye ini dengan membawa kartu tol, maupun voucher sesuai kebutuhan, baik voucher Pertamina untuk mengisi bahan bakar, maupun voucher makanan cepat saji. Ketika menggunakan kartu atau voucher, kita tidak perlu repot mencari uang pas, dan pastinya akan mempercepat waktu transaksi.

2. Powerbank dan charger di mobil

Rasa-rasanya tidak lengkap bila kita bepergian tanpa membawa smartphone maupun kamera untuk mengabadikan perjalanan kita. Namun, semakin banyak momen yang kita abadikan, tentu semakin besar pula daya baterai yang harus disiapkan. 

Karena itu, powerbank menjadi salah satu barang elektronik yang wajib dibawa saat mudik. Setidaknya, pastikan powerbank dengan daya minimal 10.000 mAh, atau pilihlah powerbank dengan teknologi solar charger yang dapat diisi daya dengan panas matahari. Selain itu, bila mengendarai mobil sendiri, charger mobil juga dapat menjadi alternatif yang baik untuk memenuhi kebutuhan daya baterai gadget.

3. Bantal leher

Salah satu penyebab utama nyeri leher adalah posisi tidur yang tidak tepat. Terlebih lagi ketika mudik, seseorang rata-rata dapat berada di mobil, bus, maupun kereta selama lebih dari empat jam. Untuk mengurangi ketidaknyamanan selama perjalanan, bawalah bantal leher. Terbuat dari bahan yang empuk, bantal leher akan tetap menjaga posisi leher Anda selama beristirahat. Pilihlah bahan bantal leher yang nyaman, empuk, dan ringan untuk dibawa ke mana-mana.

4. Jaket atau sweater

Bawalah pakaian hangat seperti jaket, sweater atau syal. Cuaca selama perjalanan yang tidak menentu, mengharuskan Anda menjaga suhu tubuh tetap normal agar kondisi badan tetap fit.

5. Hiburan dalam genggaman

Tidak banyak yang dapat dilakukan di dalam kendaraan selama perjalanan mudik. Karena itu, membawa headset dan memutar musik kesukaan dapat menjadi alternatif. Selain itu, membawa konsol genggam seperti Nintendo atau PlayStation Vita juga dapat membantu untuk menghabiskan waktu di mobil.

6. Kipas angin portable

Ketika terjebak dalam kemacetan di siang hari, tentu rasa panas menjadi sesuatu yang tak dapat dihindari. Karena itu, kipas angin portable dapat menjadi sahabat ketika suasana yang kurang menyenangkan tersebut datang menyerang.

7. Senter

Ketika harus melakukan perbaikan pada mobil kala hari sudah gelap, senter dapat menjadi barang yang penting untuk dibawa. Selain itu, jika memutuskan untuk naik kendaraan umum, senter dapat dimanfaatkan untuk menjadi penerangan ketika ingin mencari barang, maupun untuk makan bekal di dalam kendaraan.

8. Perlengkapan P3K

Kondisi badan yang fit sangat penting agar perjalanan mudik Anda semakin nyaman. Istirahat yang cukup, pola makan yang teratur, serta mengkonsumsi vitamin dapat membantu meningkatkan stamina. Bawalah obat-obatan pribadi dan perlengkapan medis yang diletakkan dalam satu kotak P3K yang praktis untuk seluruh kebutuhan kesehatan.

9. Komponen dan perkakas mobil

Bila mengendarai mobil sendiri, pastikan bahwa mobil yang dikendarai untuk mudik memiliki komponen yang lengkap. Mulai dari aki, spion, lampu mobil, hingga kelengkapan surat-suratnya. Selain itu, pastikan bahwa terdapat kotak perkakas yang lengkap seperti dari Kenmaster, dongkrak, maupun ban cadangan untuk mengantisipasi hal-hal yang kurang diinginkan. Pompa ban juga dapat menjadi pilihan cerdas untuk dibawa dan dimanfaatkan pada kondisi darurat.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya